PELAKSANAAN PRAKTIK BELAJAR KEWARGANEGARAAN MATA PELAJARAN PPKn KELAS IX di SMP NEGERI 3 CILACAP
Khakimatul Royani , 3301412011 (2016) PELAKSANAAN PRAKTIK BELAJAR KEWARGANEGARAAN MATA PELAJARAN PPKn KELAS IX di SMP NEGERI 3 CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (684kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang mempunyai tujuan penting dalam membentuk warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter serta memahami hak dan kewajibannya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan suatu pembelajaran yang mengusung nilai-nilai dan pengalaman belajar yaitu model pembelajaran praktik belajar kewarganegaraan karena pembelajaran aktif ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pengalaman langsung (nyata). Dari latar belakang tersebut, maka dalam penelitian ini penulis merumuskan permasalahan yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan praktik belajar kewarganegaraan dalam pembelajaran PPKn kelas IX di SMP Negeri 3 Cilacap? (2) Bagaimana hambatan praktik belajar kewarganegaraan dalam pembelajaran PPKn kelas IX di SMP Negeri 3 Cilacap Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif. Fokus penelitian adalah (1) Pelaksanaan praktik belajar kewarganegaraan dalam pembelajaran PPKn kelas IX di SMP Negeri 3 Cilacap (2) Hambatan dalam pelaksanaan praktik belajar kewarganegaraan kelas IX di SMP Negeri 3 Cilacap. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara dan kajian dokumen. Sumber data diperoleh dari informan (kepala sekolah, guru dan peserta didik), aktivitas pembelajaran praktik belajar kewarganegaraan serta dokumen sekolah. Pengujian validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan praktik belajar kewarganegaraan mata pelajaran PPKn kelas IX di SMP Negeri 3 Cilacap selama empat kali pertemuan pada jam pelajaran dan di luar jam pelajaran dengan tahapan adalah mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah sebagai fokus kajian kelas, pembentukan kelompok, pengumpulan informasi melalui koran, internet dan investigasi ke lembaga Kepolisian Resort Cilacap, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap, Pengadilan Negeri Cilacap dan Lembaga Pemasyarakatan Cilacap, pengembangan dan penyajian portofolio dan refleksi pembelajaran. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian praktik dan penilaian produk. (2) hambatan yang ditemukan adalah penyusunan RPP dan perizinan tempat serta pelaksanaan kegiatan membutuhkan waktu yang relatif lama. management pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang sehingga proses penilaian di lapangan belum dapat didampingi sepenuhnya, Saran agar memasukkan perncanaan kedalam silabus dan RPP secara jelas. Memberikan tugas individu untuk mengatasi peserta didik yang pasif serta meningkatkan fasilitas, sarana dan prasaran sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Model Pembelajaran, Praktik belajar Kewarganegaraan, PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 14:53 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 14:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27485 |
Actions (login required)
View Item |