MODEL PERSIAPAN LATIHAN FISIK MAHAPALA UNNES DALAM SPIRIT OF INDONESIAN YOUTH EXPEDITION (SIYE) PART IV DI PUNCAK JAYA WIJAYA


Murbiani , 6211411164 (2016) MODEL PERSIAPAN LATIHAN FISIK MAHAPALA UNNES DALAM SPIRIT OF INDONESIAN YOUTH EXPEDITION (SIYE) PART IV DI PUNCAK JAYA WIJAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211411164.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Seven summits merupakan kegiatan mendaki tujuh gunung tertinggi di dunia di tujuh benua. Mahapala Unnes mempunyai program seven summit sejak tahun 2009. Dalam menyeleksi atlet perlu diadakan program latihan. Tujuan penelitian mengetahui model persiapan latihan latihan fisik untuk daya tahan aerobik dan anaerobik anggota Mahapala Unnes dalam Spirit Of Indonesian Youth Expedition part IV di puncak Jaya Wijaya Papua. Metode penelitian: wawancara, pengamatan dan dokumentasi dengan populasi sejumlah 19 peserta dan akan diseleksi menjadi 3 atlet. Ada 3 tahapan latihan untuk menjadi atlet yaitu: bakal calon (balon), calon atlet, dan atlet. Selama persiapan latihan peneliti melakukan pengamatan, lalu wawancara dengan subjek terkait dengan program latihan yang diberikan peserta. Subjek penelitian yang terkait yaitu peserta, pelatih dan tim teknisi. Hasil penelitian secara kesuluruhan menunjukkan bahwa persiapan yang dilakukan Mahapala Unnes dalam spirit of Indonesian youth expedition (SIYE) part IV di puncak Jaya Wijaya secara keseluruhan sudah mencakup dasar latihan yang diberikan pada pendaki professional. Persiapan latihan fisik peserta mengutamakan latihan peningkatan daya tahan aerobik dan anaerobik serta latihan kekuatan otot kaki, ketahanan tubuh bagian atas dan fleksibilitas. Akan tetapi latihan yang dilakukan oleh atlet, takaran untuk latihan daya tahan aerobiknya masih kurang dibandingkan dengan latihan daya tahan anaerobik. Sistem kardivaskuler yang baik akan memperlancar kebutuhan biologis tubuh pada waktu bekerja. Sehingga para peserta SIYE part IV dapat menjelajah alam dengan jarak yang jauh tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model persiapan latihan fisik Mahapala Unnes dalam spirit of Indonesia youth expedition (SIYE) part IV di puncak Jaya Wijaya Papua sudah sesuai dengan latihan yang dilakukan oleh para pendaki professional, akan tetapi untuk takaran latihan daya tahan aerobik atau daya tahan kardivaskuler pada tahap atlet masih kurang. Saran perlu adanya latihan tambahan daya tahan aerobik untuk daya tahan jantung (kardiovaskuler) bagi para atlet tim ekspedisi Mahapala Unnes dalam spirit of Indonesian youth expedition part IV di puncak gunung Jaya Wijaya Papua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan fisik, Seven summits
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 14 Nov 2017 14:48
Last Modified: 14 Nov 2017 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27483

Actions (login required)

View Item View Item