PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WEBPAGE MAKER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VII DI SMPN 40 SEMARANG


LUQMAN HAKIM , 3301411150 (2016) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WEBPAGE MAKER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VII DI SMPN 40 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301411150.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (759kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar digunakan oleh guru untuk ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Hasil belajar dapat ditunjukkan ketika siswa sudah memahami belajar dengan ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku yang lebih baik. Peningkatan hasil bejalar dapat ditunjang oleh media pembelajaran yang menarik bagi siswa, salah satunya adalah media pembelajaran menggunakan webpage maker. Hasil obseravasi awal yang dilakukan pada SMPN 40 Semarang menunjukkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn masih rendah. Permasalahan yang diungkap adalah: (1) bagaimanakah aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran webpage maker Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VII SMPN 40 Semarang? (2) adakah peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran webpage maker Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VII SMPN 40 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran webpage maker Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VII SMPN 40 Semarang, (2) meningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran webpage maker Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VII SMPN 40 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 40 Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini menerapkan media pembelajaran menggunakan webpage maker dengan materi kebebasan menyampaikan pendapat. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti harus mendapatkan sampel kelas yang telah mencapai pada materi tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII G sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif berupa teknis analisis t-test. Hasil analisis kualitatif berdasarkan observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat setelah menggunakan media pembelajaran berbasis media webpage maker, siswa lebih memahami materi pembelajaran melalui audio dan video yang memberikan contoh langsung megenai kemerdekaan menyampaikan pendapat. Hasil analisis t-test menunjukkan bahwa nilai t sebesar 4,367 pada taraf signifikansi 0,05 dengan df =(df) = n – 2 = 32 – 2 = 30 diperoleh nilai t tabel 1,697 sehingga t hitung >t tabel (4,367>1,697). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran menggunakan webpage make dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 43,67% siswa kelas VII SMPN 40 Semarang mata pelajaran PPKn materi kemerdekaan menyampaikan pendapat dengan nilai rata-rata sebelum penerapan media webpage maker adalah 59,53 menjadi 80,31.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Webpage Maker.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2017 14:42
Last Modified: 14 Nov 2017 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27482

Actions (login required)

View Item View Item