KINERJA KEPALA DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA TEGALMLATI KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Taufik Yulianto , 3301411134 (2016) KINERJA KEPALA DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA TEGALMLATI KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301411134.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (984kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah aparatur desa selalu pulang lebih awal dari jam pulang kerja yang telah ditentukan dengan alasan bahwa pekerjaannya dianggap telah selesai, kurangnya kedisiplinan dalam bekerja yang dilakukan oleh perangkat desa Tegalmlati. Ini semua juga termasuk tanggung jawab kepala desa selaku pemimpin dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa yang mempunyai tugas dan wewenang untuk mengatur dan membina seluruh komponen pemerintah desa agar melaksanakan tugasnya sesuai dengan wewenang dan kewajibannya masing-masing. Dengan adanya hal tersebut maka sangat diperlukan kualitas pelayanan yang baik agar kinerja atau hasil kerja yang diperoleh akan baik juga sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk pelayanan publik yang diberikan oleh aparat desa Tegalmlati?, bagaimana kinerja kepala desa Tegalmlati dalam pemberian pelayanan publik? dan bagaimana kepuasan masyarakat dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan penggalian data melalui wawancara dengan informan dari Kantor Pemerintahan Desa Tegalmlati yaitu perangkat desa dan masyarakat yang terikat dalam suatu pemerintahan desa di Kantor Pemerintahan Desa Tegalmlati serta melalui pengumpulan data dokumen dari instansi terkait. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, kinerja kepala desa belum memperoleh hasil yang maksimal, artinya kepala desa telah berusaha melaksanakan tugasnya sesuai peraturan desa dan kepala desa memberikan kewenagan kepada setiap perangkat desanya untuk dilaksanakan. Namun, kepala desa belum bisa dengan tegas membina aparat desanya, kepala desa harus lebih tegas menangani perangkat desanya yang tidak disiplin dalam bekerja agar tugasnya terlaksana dengan baik berdasarkan peraturan desa yang telah ditetapkan. Saran yang diberikan terhadap pemerintahan desa Tegalmlati yaitu pemerintah desa Tegalmlati dapat memberikan informasi kepada masyarakat untuk menyampaikan sesuatu atau memberikan surat apabila ada keluhan-keluhan di kotak/loket yang telah disediakan. Hal ini dimaksudkan agar para pegawai kantor pemerintah desa Tegalmlati dapat mengevaluasi kekurangan-kekurangan dan terus meningkatkan kinerjanya dalam pelayanan publik guna meningkatkan kepuasan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Aparat Pemerintah Desa, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2017 19:33
Last Modified: 13 Nov 2017 19:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27477

Actions (login required)

View Item View Item