PENERAPAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN MESIN BUBUT CNC DASAR
Danang Bayu Aji , 5201409024 (2016) PENERAPAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN MESIN BUBUT CNC DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah menerapkan kelayakan penggunaan modul interaktif dalam pembelajaran CNC dasar dengan divalidasi oleh pakar media dan pakar materi. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran CNC dengan menggunakan media pembelajaran modul interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis & Mc. Tagart. Subjek penelitian siswa kelas XI TPb SMK Saraswati Kota Salatiga dengan jumlah 34 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar keaktifan siswa, soal tes, catatan lapangan, dokumentasi. Data keaktifan siswa diperoleh dari pengamatan ketika guru mengajar di kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat keaktifan di setiap siklus. Data tentang hasil belajar diperoleh melalui tes dan unjuk kerja kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil tes di setiap siklus. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul interktif pemrograman CNC dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran secara bertahap. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan siswa yaitu : 1) Pra tindakan, 2 siswa (Sangat baik), 24 siswa (Baik), 8 siswa (Kurang Baik), 0 siswa (Tidak Baik). 2) Siklus I, 10 siswa (Sangat Baik), 22 siswa (Baik), 2 siswa (Kurang Baik), 0 siswa (Tidak Baik). 3) Siklus II, 11 siswa (Sangat Baik), 23 siswa (Baik), 0 siswa (Kurang Baik), 0 siswa (Tidak Baik). Sedangkan dalam peningkatan hasil belajar rata-rata kelas yaitu : 1) Pra tindakan rata-rata kelas yaitu 70.29 dengan 12 siswa (35.29%) lulus KKM, 22 siswa (64.71%) belum lulus KKM. 2) Siklus I rata-rata kelas 74.26 dengan 21 siswa (61.76%) lulus KKM, 13 siswa (38.24%) belum KKM. 3) Siklus II rata-rata kelas 76.91 dengan 25 siswa (73.53%) lulus KKM, 9 siswa (26.47%) belum KKM. Saran dalam peneltian ini adalah lebih ditingkatkanya proses belajar dan alat bantu sumber belajar yang lebih baik dengan pemanfaatan perkembangan teknologi yang maju guna tercapai mutu pendidikan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Interaktif, Hasil Belajar, Mesin Bubut CNC |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 19:44 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 19:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27475 |
Actions (login required)
View Item |