PENERAPAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI GEAR RACK LURUS


Muhammad Iwan Priyadana , 5201409021 (2016) PENERAPAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI GEAR RACK LURUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak peningkatan hasil belajar pada kompetensi rack gear lurus menggunakan media berbasis adobeflash professional CS5 dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode konvesional atu ceramah. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretestposttest control group desaign. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni jurusan teknik pemesinan dengan sampel penelitian kelas XI TP 1 kelas eksperimen dan kelas XI TP 2 kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian yaitu media pembelajaran berbasis adobeflash professional CS5 dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis adobeflash professional CS5. Hasil Penelitian adalah adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya media pembelajaran media berbasis adobeflash professional CS5 kompetensi pembuatan rackgear lurus dengan dibuktikan dengan data sebagai berikut : ratarata hasil nilai pretest kelas eksperimen 65.03 dan kelas kontrol 69.29. setelah dilaksanakan posttest nilai kelas eksperimen menjadi 81.23 dan kelas kontrol 75.16. Kelas eksperimen meningkat sebesar (25%) dan kelas kontrol meningkat sebesar (8%). Peningkatan diukur dengan uji gain yaitu : kelas eksperimen sebesar 0.464 (sedang) dan kelas kontrol 0.191 (rendah). Saran dalam penelitian adalah lebih ditingkatkannya sumber dan alat bantu belajar serta pemanfaatan berkembangnya teknologi agar tercapai hasil dan mutu pembelajaran yang baik di sekolah. Penyampaian pembelajaran yang lebih baik lagi oleh tenaga pendidik atau guru sehingga dapat lebih lagi memahami materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Adobeflash professional CS5, Hasil belajar, Rack gear
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Nov 2017 19:44
Last Modified: 13 Nov 2017 19:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27474

Actions (login required)

View Item View Item