PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL GAMES KOMPETENSI DASAR IDENTIFIKASI DAN ANALISIS GANGGUAN SISTEM STARTER KONVENSIONAL


LINTAR RIVANDA ANANDIKA , 5201409003 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL GAMES KOMPETENSI DASAR IDENTIFIKASI DAN ANALISIS GANGGUAN SISTEM STARTER KONVENSIONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di SMK Panca Bakti Banjarnegara dalam pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan sudah memanfaatkan ICT (Information and Communication Technology) seperti power point dan video. Namun guru belum dapat memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada. Menurut hasil observasi di sekolah salah satu kendala dalam melaksanakan pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan yaitu masih minimnya media pembelajaran. Oleh karena itu media pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan perlu dikembangkan. Penelitian ini dikembangkan dengan tujuan untuk mendesain media Digital Games Based Learning (DGBL) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan media DGBL yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar identifikasi dan analisis gangguan sistem starter mobil dan untuk mengetahui keefektifan DGBL yang dikembangkan sebagai media pembelajaran di SMK pada kompetensi dasar identifikasi dan analisis gangguan sistem starter mobil. Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian ADDIE dengan tahapan analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi), sehingga dihasilkan produk final. Penelitian ini mengkaji proses pengembangan dan keefektifan media DGBL pada pembelajaran Sistem Starter di SMK. Efektivitas diukur dengan indikator siswa yang mencapai nilai mencapai 85% dari total siswa. Hasil penelitian ini yaitu validator menilai media DGBL sangat baik dan layak. Pakar media rata-rata skor 2,72 dengan kriteria sangat baik, sedangkan dari pakar materi rata-rata skor 2,75 dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya pada uji coba skala kecil, siswa memberikan penilaian dengan persentase 97% dengan kriteria sangat baik. Pada uji coba pemakaian diketahui bahwa persentase ketuntasan klasikal kelas XI TKR 1 sebesar 82,35% dan kelas XI TKR 5 sebesar 94,44%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa media Digital Games Based Learning layak dan efektif diterapkan pada pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan tema Sistem Starter di SMK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Digital Games Based Learning (DGBL) , Sistem Starter
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Nov 2017 19:44
Last Modified: 13 Nov 2017 19:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27473

Actions (login required)

View Item View Item