PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN BAHAN CETAK AJAR PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN OVERHAUL SISTEM PENDINGIN


Ringin Gung Murti Sutomo , 5201408063 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN BAHAN CETAK AJAR PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN OVERHAUL SISTEM PENDINGIN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201408063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dan Bahan Cetak Ajar pada Kompetensi Dasar Melakukan Overhaul Sistem Pendingin Skripsi, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memanfaatkan dan tanpa memanfaatkan media pembelajaran interktif serta efek pemanfaatan media ini terhadap hasil belajar Kompetensi Dasar melakukan Overhaul Sistem Pendingin siswa kelas XI SMK N 1 Warureja. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK N 1 Warureja yang terbagi dalam tiga kelas yaitu XI TKR 1, XI TKR 2 dan XI TKR 3. Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambil secara acak dan didapat siswa kelas XI TKR 2 sejumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TKR 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data mendapatkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dan bahan cetak ajar overhaul sistem pendingin dapat meningkatkan hasil belajar dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif dan bahan cetak ajar overhaul sistem pendingin, dan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran interaktif dan bahan cetak ajar ovehaul pembelajaran sistem pendingin ini dengan peserta didik yang yang tidak menggunakannya atau tanpa media pembelajaran interaktif dan bahan cetak ajar ovehaul sistem pendingin. Jumlah peserta didik pada kelas eksperimen yang mendapatkan nilai memenuhi KKM sebesar 81,3%. Jumlah peserta didik pada kelas kontrol yang mendapatkan nilai memenuhi KKM hanya 40%. Dapat dikatakan kelas eksperimen lebih unggul 41,3% dibandingkan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan penggunaan media pembelajaran interaktif dan bahan cetak ajar ovehaul sistem pendingin terhadap hasil belajar Kompetensi Dasar Melakukan Overhaul Sistem Pendingin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif dan bahan cetak ajar ovehaul sistem pendingin, overhaul sistem pendingin
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Nov 2017 19:39
Last Modified: 13 Nov 2017 19:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27472

Actions (login required)

View Item View Item