PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MOGA KABUPATEN PEMALANG


Andika Tri Kusuma , 3301411136 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MOGA KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301411136.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (611kB) | Preview

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab. Fungsi dan tujuan diatas secara tidak langsung berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik, sehingga mampu bersaing, bermoral, bersopan-santun dan berinteraksi dengan masyarakat. Tanpa karakter seseorang dapat dengan mudah melakukan perbuatan yang dapat merugikan orang lain, bahkan dirinya sendiri. Oleh karena itu karakter perlu ditanamkan khususnya kepada siswa, agar ia dapat mengelola dirinya sehingga perlu menghindari hal-hal yang negatif. Atas dasar itulah diperlukan pendidikan karakter pada sisiwa. Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan konstribusi yang positif dalam lingkungannya. Mengingat pentingnya pendidikan karakter pada setiap individu, maka diperlukan kepedulian oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, ,masyarakat, keluarga, lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini validitas data yang digunakan adalah teknik triangulas. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pendidikan karakter pada kelas XI SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang tidak diberikan dalam kurikulum tersendiri, namun disisipkan dalam kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Strategi yang digunakan dalam penerapan pola pendidikan karakter intrakurikuler adalah pengintegrasian ke dalam mata pelajaran dan pengembangan diri. Sedangkan pendidikan karakter ke dalam kegiatan ekstrakurikuler strategi yang digunakan adalah pengintegrasian nilai karakter ke dalam kegiatan ekstrakurikuler, 2) faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter pada kelas XI SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang adalah: (a) Peraturan dan sanksi. Peraturan diterapkan agar kegiatan-kegiatan dilaksanakan dengan baik dan teratur, (b) Pembiasaan. Pembiasaan digunakan untuk menerapkan pendidikan karakter dengan berupa kegiatan-kegiatan, (c) Motivasi Siswa. Memotivasi siswa dalam melaksanakan segala kegiatan sangat mempengaruhi pendidikan karakter di ix sekolah, (d) Keteladanan. Siswa biasanya meniru apa yang menjadi teladannya, oleh karena diperlukan keteladanan yang baik dari kepala sekolah dan guru, (e) Motivasi dan Dukungan Kepala Sekolah dan Guru Mapel. Motivasi guru dalam melaksanakan pendidikan karakter sangat mempengaruhi pendidikan karakter di sekolah dan dukungan kepala sekolah sangat diperlukan dalam proses pendidikan karakter di sekolah, (f) Dukungan dari Keluarga dal Lingkungan. Keluarga dan lingkungan mempercayakan semua yang berkaitan dalam proses pendidikan karakter pada pihak sekolah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Kepada guru dan kepala sekolah, harus bisa mendekatkan diri kepada siswa mengingat siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda, 2) Pada kegiatan ekstrakurikuler sebaiknya dilakukan perancangan tentang pendidikan karakter terlebih dahulu, supaya bisa dikembangkan terhadap siswa. Kemudian membuat rancangan evaluasi yang terdiri dari berbagai indikator pencapaian yang berkaitan dengan sikap siswa itu sendiri, 3) Kepada orang tua murid, sebaiknya menerapkan pendidikan karakter di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola, Pendidikan Karakter, Siswa
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2017 19:27
Last Modified: 13 Nov 2017 19:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27471

Actions (login required)

View Item View Item