PEMBUATAN JALAN BARU AREA TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG


Taufik Akbar , 5113412023 and Anita Hardyanti , 5113412039 (2016) PEMBUATAN JALAN BARU AREA TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5113412023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

CDi area Terminal Peti Kemas yang menjadi pusat lalu lintas laut di area Jawa Tengah sekarang pun mulai padat. Kegiatan ekspor impor dari dan menuju Terminal Peti Kemas Semarang terus meningkat dari tahun ke tahun. Dari tahun 2012 sampai 2015 volume truk kontainer mengalami peningkatan rata-rata 8 %. Dengan melihat hal ini diperlukan peningkatan kualitas maupun kuantitas jalan yang memenuhi kebutuhan transportasi darat di area Terminal Peti Kemas Semarang, untuk mengurangi kepadatan dan mengatasi antrian truk kontainer. Oleh karena itu perlu dibuat jalan baru di area Terminal Peti Kemas Semarang. Tugas Akhir ini membahas tentang volume dan kapasitas jalan di Terminal Peti Kemas Semarang, karena jalan harus memiliki kapasitas yang seimbang dengan volume kendaraan yang melewatinya. Selain melihat kapasitas, jalan juga harus memenuhi kriteria aman, nyaman, ekonomis dan cepat. Sehingga untuk mendapatkan jalan yang memenuhi kriteria dibuat tiga alternatif yang kemudian diambil hanya satu alternatif jalan dengan nilai yang paling tinggi dalam kriteria aman, nyaman, ekonomis dan cepat. Kriteria aman dilihat dari faktor lengkung horizontal dan daya dukung tanah. Kriteria nyaman dilihat dari faktor aspek lingkungan, kriteria ekonomis dilihat dari anggaran biaya (rigid pavement) dan kriteria cepat dilihat dari faktor panjang jalan. Setelah mempunyai lima faktor ini diberikan penilaian dan kemudian dikalikan dengan bobot penilaian yang telah ditentukan sesuai tingkat kepentingan per kriteria. Hasil akhirnya akan menentukan pilihan terbaik dari tiga alternatif rute yang telah diberikan. Setelah mendapatkan faktor-faktor yang dijadikan pembanding, maka tiap alternatif rute akan memiliki nilai. Pada alternatif 1 nilainya 2,10. Untuk alternatif 2 nilainya 2,6 dan alternatif 3 nilainya nilainya 1,75. Jadi alternatif jalan yang digunakan adalah alternatif 2 karena hasilnya tertinggi dari pada yang lain. Dipembangunan jalan baru ini,digunakan rigid pavement karena dengan memperhitungkan kendaraan yang lewat 100% dengan beban repetisi sumbu tandem roda ganda yang juga bisa mengangkut peti kemas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Terminal Peti Kemas, jalan, rigid pavement
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, D3
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Nov 2017 14:54
Last Modified: 13 Nov 2017 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27446

Actions (login required)

View Item View Item