IDENTIFIKASI KESESUAIAN TUTUPAN LAHAN RUMAH DENGAN KOEFISIEN DASAR BANGUNAN (KDB) MENGGUNAKAN CITRA QUICKBIRD DI PERUMNAS BANYUMANIK KOTA SEMARANG


Kori Kurniasari , 3250408058 (2016) IDENTIFIKASI KESESUAIAN TUTUPAN LAHAN RUMAH DENGAN KOEFISIEN DASAR BANGUNAN (KDB) MENGGUNAKAN CITRA QUICKBIRD DI PERUMNAS BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3250408058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (977kB) | Preview

Abstract

Rumah-rumah di kota-kota besar dalam pembangunannya banyak yang tidak mempedulikan daerah resapan air, menurut UU Nomor 28 tahun 2002 tentang bangunan gedung persyaratan kepadatan bangunan meliputi koefisien dasar bangunan (KDB) dan koefisien lantai bangunan (KLB). Citra satelit yang digunakan untuk analisis tutupan lahan rumah secara mikro di Kecamatan Banyumanik adalah citra Quickbird. Tujuan dari penelitian ini: (1) mengetahui jenis tutupan lahan di perumnas Banyumanik, (2) mengetahuai seberapa besar kesesuaian tutupan lahan rumah di Perumnas Banyumanik dengan ketentuan dalam RDRTK Kecamatan Banyumanik, (3) mengetahui tingkat ketelitian citra Quickbird untuk memantau tutupan lahan rumah di Perumnas Banyumanik. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Banyumanik yaitu Perumnas Banyumanik. Populasi dalam penelitian ini adalah persil rumah di perumnas Banyumanik Kota Semarang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling (teknik sampling proposional). Metode analisi menggunakan metode kuantitatif, yaitu mengolah data dengan kaidah-kaidah matematik terhadap data angka atau numerik. Luas tutupan lahan berdasarkan jenisnya di perumnas Banyumanik sebagai berikut, luasan tutupan bangunan sebesar 93,48 Ha, luasan tutupan vegetasi sebesar 6,79 Ha dan luas lahan terbuka hijau sebesar 1,26 Ha. Angka KDB terkecil yang memiliki persentase sebesar 60% lahan yang terbangun dan hanya 30% lahan hijau yang tersisa dari keseluruhan luas lahan 216m2. Angka KDB terbesar memiliki presentasi sebesar 100%. Tipe rumah 21 selisih luas bangunan persil di lapangan dengan digitasi citra sebesar 58,75 (m2), tipe rumah 33 selisih luas bangunan persil di lapangan dengan digitasi citra sebesar 29,96 (m2), tipe rumah 36 selisih luas bangunan persil di lapangan dengan digitasi citra sebesar 6,27 (m2). Tutupan Lahan di perumnas Banyumanik yang didapat dari interpretasi citra Quickbird terdapat 2 (dua) jenis tutupan lahan, yaitu daerah tidak bervegetasi dan daerah bervegetasi. Semua rumah di perumnas Banyumanik tidak sesuai dengan peraturan tentang pembangunan rumah, lebih dari 90% lahan milik sudah dibanguan rumah. Ketelitian citra Quickbird sangat tinggi yaitu diatas 90%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah perlu perhatian khusus dari pemerintah Kota Semarang terhadap perijinan pembangunan rumah, pemeliharaan data tentang Perumnas Banyumanik untuk dinas terkait, citra Quickbird disarankan untuk mendigit bangunan persil rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tutupan Lahan, Koefisien Dasar Bangunan, Ketelitian Citra Quickbird
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2017 20:19
Last Modified: 13 Nov 2017 20:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27434

Actions (login required)

View Item View Item