GAYA KEPEMIMPINAN PELATIH TERHADAP KUALITAS PERMAINAN PEMAIN SEPAKBOLA (STUDI KASUS PADA PS UNNES DAN PS UNIKA TAHUN 2016)


Septian Adi Nugroho , 6211411148 (2016) GAYA KEPEMIMPINAN PELATIH TERHADAP KUALITAS PERMAINAN PEMAIN SEPAKBOLA (STUDI KASUS PADA PS UNNES DAN PS UNIKA TAHUN 2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211411148.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Keberhasilan suatu organisasi dalam bidang olahraga akan sangat ditentukan oleh kemampuan pemimpinnya dalam mengelola organisasi tersebut. Pencapaian suatu hasil prestasi atlet dalam bidang olahraga terutama sepak bola pada dasarnya merupakan hasil akumulatif dari berbagai aspek yang mendukung, salah satu aspek tersebut adalah adanya pelatih karena pelatih memiliki peranan penting dalam pembinaan atlet dan salah satu kunci utamanya adalah gaya kepemimpinan pelatih dalam membina atletnya. Seorang pelatih dalam memimpin latihannya harus mempunyai gaya yang khas sehingga dalam memberikan materi latihan dapat membawa anggota latihnya sesuai dengan gaya melatihnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui peran serta gaya kepemimpinan pelatih sepakbola terhadap kualitas permainan pemain dalam tim. Instrument penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik survei dengan angket yaitu angket tertutup dengan jawaban langsung. Untuk mengukur pendapat dan persepsi seseorang atau kelompok tentang fenomena sosial model angket ini menggunakan model skala likert. Penelitian dilakukan di klub sepakbola Kota Semarang yaitu Ps UNNES dan Ps UNIKA. Data hasil penelitian gaya kepemimpinan pelatih yang diterapkan kedalam Ps Unika dan Ps Unnes yaitu untuk gaya kepemimpinan otoriter Ps Unika memiliki rata-rata persentase sebesar 71,15% dalam kategori tinggi dan Ps Unnes memiliki rata-rata persentase sebesar 81,13% dalam kategori tinggi, untuk gaya kepemimpinan demokratis Ps Unika memiliki rata-rata persentase sebesar 74,99% dalam kategori tinggi dan Ps Unnes memiliki rata-rata persentase sebesar 79,29% dalam kategori tinggi, untuk gaya kepemimpinan people centered Ps Unika memiliki rata-rata persentase sebesar 70,03% dalam kategori tinggi dan Ps Unnes memiliki rata-rata persentase sebesar 68,53% dalam kategori tinggi, untuk gaya kepemimpinan task oriented Ps Unika memiliki rata-rata persentase sebesar 75% dalam kategori tinggi dan Ps Unnes memiliki rata-rata persentase sebesar 95,83% dalam kategori sangat tinggi.. kualitas permainan pemain Ps Unika mempunyai nilai rata-rata 7,67 dan Ps Unnes mempunyai nilai rata-rata 6,33 yang termasuk kategori cukup baik. Gaya kepemimpinan pelatih sepakbola berperan serta dalam kualitas permainan pemain sepakbola dalam suatu tim dan seorang pelatih memiliki keempat sifat gaya kepemimpinan pelatih dengan satu gaya yang dominan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Pelatih, Sepakbola, Kualitas Permainan
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 13 Nov 2017 12:35
Last Modified: 13 Nov 2017 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27421

Actions (login required)

View Item View Item