PENGARUH DAYA DUKUNG LAHAN PERTANIAN TERHADAP KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU DI KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG


Haryadi , 3211411050 (2016) PENGARUH DAYA DUKUNG LAHAN PERTANIAN TERHADAP KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU DI KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211411050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (777kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Indonesia yang terus meningkat menyebabkan terjadinya degradasi, alih fungsi, dan fragmentasi lahan pertanian pangan, maka perlu dilakukan penghitungan daya dukung lahan pertanian untuk mengetahui apakah lahan pertanian di Kecamatan Getasan masih mampu mendukung kehidupan penduduk secara layak dan sejauh mana pengaruhnya terhadap perubahan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merbabu. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana daya dukung lahan pertanian di Kecamatan Getasan dan apakah ada pengaruh daya dukung lahan pertanian terhadap perubahan penggunaan lahan kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat daya dukung lahan pertanian serta bagaimana pengaruhnya terhadap kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Lokasi penelitian ini adalah di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Obyek penelitian ini adalah penduduk Kecamatan Getasan, lahan pertanian, dan lahan kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Teknik analisis pada penelitian ini meliputi perhitungan indeks tekanan penduduk terhadap lahan pertanian, perhitungan daya dukung lahan pertanian berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 17 Tahun 2009 tentang Pedoman Penentuan Daya Dukung Lingkungan Hidup dalam Penataan Ruang Wilayah serta interpretasi citra untuk mengetahui perubahan lahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besar tekanan penduduk terhadap lahan pertanian di Kecamatan Getasan tergolong ringan yaitu pada tahun 2010 mencapai 0,312 dan tahun 2014 mencapai 0,391. Berdasarkan perhitungan daya dukung lahan pertanian di Kecamatan Getasan pada tahun 2010 dan 2014 dinyatakan defisit. Ketersediaan lahan pertanian pada tahun 2010 adalah 292,92 ha dengan kebutuhan lahan pertanian 4.342,86 ha sedangkan tahun 2014 ketersediaan lahan mencapai 335,03 ha dengan kebutuhan lahan 3.489,57 ha, artinya bahwa kebutuhan lahan di Kecamatan Getasan tidak terpenuhi dengan baik. Hal ini menimbulkan kecenderungan pada masyarakat di Kecamatan Getasan untuk memperluas lahan pertaniannya. Jika dilihat pada citra satelit tahun 2010 dan tahun 2014, terdapat perubahan di sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, namun masih dalam jumlah yang kecil. Saran yang diajukan pada penelitian ini adalah bagi pemerintah terkait, perlu ditingkatkanya produktifitas pertanian di Kecamatan Getasan. Bagi pengelola Taman Nasional Gunung Merbabu, perlu diperjelas dan ditingkatkannya pengawasan terhadap batas kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Daya Dukung Lahan Pertanian, Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2017 12:38
Last Modified: 13 Nov 2017 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27420

Actions (login required)

View Item View Item