PENGARUH KEBERADAAN RITEL MODERN TERHADAP JANGKAUAN WILAYAH PELAYANAN PASAR JATINGALEH DI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG


Renita Nurliyana , 3211411026 (2016) PENGARUH KEBERADAAN RITEL MODERN TERHADAP JANGKAUAN WILAYAH PELAYANAN PASAR JATINGALEH DI KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211411026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (951kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berkembangnya waktu dari tahun ke tahun, preferensi masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional semakin menurun. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya ritel modern yang muncul seperti minimarket, supermarket, maupun hypermarket. Pasar tradisional Jatingaleh menjadi salah satu penggerak perkembangan wilayah di Kecamatan Banyumanik. Pasar ini merupakan proyek rintisan pembangunan pasar-pasar lain di Kota Semarang. Adapun tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui persebaran lokasi ritel modern di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, (2) Mengetahui jangkauan wilayah pelayanan Pasar Jatingaleh di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, (3) Mengetahui pengaruh keberadaan ritel modern terhadap jangkauan wilayah pelayanan Pasar Jatingaleh di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei dan wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah pasar tradisional Jatingaleh dan ritel modern. Data yang digunakan meliputi data primer hasil wawancara dan survei menggunakan GPS, sedangkan data sekunder adalah Banyumanik Dalam Angka 2014, data jumlah penduduk, data pasar, peta, dan data deskripsi wilayah. Jumlah sampel adalah 100 responden, yaitu 100 pengunjung pasar dan ritel modern yang diambil dari hasil kuesioner dengan penduduk di wilayah Kecamatan Banyumanik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dokumentasi, survei lapangan, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Analisis Tetangga Terdekat untuk mengetahui persebaran lokasi ritel modern, Analisis Regresi Linier untuk pengolahan data lapangan, teknik analisis untuk mengetahui jangkauan wilayah pelayanan menggunakan Teori Tempat Pusat (Christaller). Hasil yang diperoleh yaitu lokasi ritel modern terdapat di jalan-jalan utama pemukiman. Ritel modern mampu melayani sebagian wilayah di Kecamatan Banyumanik. Hasil perhitungan nilai T menunjukkan sebesar 0,59, artinya keberadaan ritel modern mengelompok pada pemukiman padat penduduk dan berpengaruh signifikan terhadap jangkauan wilayah pelayanan Pasar Jatingaleh. Jangkauan wilayah pelayanan Pasar Jatingaleh di Kecamatan Banyumanik terjauh dijangkau dengan jarak 11 km. Sedangkan terjadi tumpang tindih (overlapping) pada jarak jangkauan ritel-ritel modern. Simpulan dari penelitian ini yaitu persebaran ritel modern dan jangkauan wilayah pelayanan Pasar Jatingaleh terjadi overlapping. Adapun saran yang dapat diberikan adalah seharusnya tempat pusat pelayanan masyarakat khususnya pasar tidaklah berdekatan satu sama lain agar tidak terjadi saling tumpang tindih (overlapping).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ritel modern, jangkauan pelayanan, Pasar Jatingaleh
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Trading
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 16:57
Last Modified: 10 Nov 2017 16:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27412

Actions (login required)

View Item View Item