PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) FISIKA TOPIK POLARISASI CAHAYA


Muslimin , 4201405509 (2010) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) FISIKA TOPIK POLARISASI CAHAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) FISIKA TOPIK POLARISASI CAHAYA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) FISIKA TOPIK POLARISASI CAHAYA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Polarisasi cahaya merupakan gejala fisika yang abstrak bagi siswa, sehingga perlu dihadirkan kepada siswa dalam bentuk video demonstrasi. Bentuk gelombang cahaya yang tak kasat mata perlu divisualisasikan kepada siswa dalam bentuk animasi. Video demonstrasi dan visualisasi gejala polarisasi gelombang cahaya tersebut dapat dikemas dalam bentuk program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Pembelajaran berbantuan MPI lebih efektif, menyenangkan, dan hasil belajarnya pun lebih kekal dibandingkan pembelajaran konvensional (Kara, nd). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji-kelayakan program MPI fisika Topik Polarisasi Cahaya. Pengembangan program MPI dimulai dengan (1) menganalisis kebutuhan program, (2) persiapan software adan hardware yang dibutuhkan untuk produksi program, dilanjutkan dengan (3) pengembangan instruksional progam, yang meliputi: (a) penentuan tujuan pembelajaran, (b) pembuatan garis-garis besar media (GBIM), (c) pembuatan Jabaran Materi (JM), dan (d) penulisan naskah; serta (4) produksi program. Langkah-langkah pengembangan konten instruksional berpedoman pada Component Display Theory (CDT). Prinsip pengembangan program MPI berpedoman pada SEG Research (2008). Uji kelayakan program dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Fisika Unnes semester VIII sebanyak 30 responden, menggunakan instrumen angket berskala likert. Indikator – indikator pernyataan angket dirumuskan berdasarkan kriteria kualitas program yang dirumuskan University of Pretoria di dalam The Process of Evaluating Software and It’s Effect on Learning, dan Skiba (1984). Program MPI mendapat penilaian layak jika memperoleh skor angket rata-rata (£) diatas 2,6 dengan kriteria kualitas minimal “sedang”. Hasil uji kelayakan program menunjukkan bahwa program MPI mendapat penilaian “baik” sehingga layak digunakan sebagai media pengajaran, dengan skor rata-rata (£) sebesar 4.06. Kelemahan program, seperti tampilan dan pewarnaan yang kurang menarik telah diperbaiki. Penulis menyarankan adanya penelitian lanjutan untuk melihat efektivitas penggunaan MPI fisika topik polarisasi cahaya terhadap optimalisasi hasil belajar siswa. Guru maupun programmer yang hendak membuat program MPI, dapat menerapkan prosedur yang telah dipaparkan dalam skripsi ini baik untuk pelajaran fisika maupun bidang studi yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, polarisasi cahaya, multimedia pembelajaran interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 05:48
Last Modified: 25 Apr 2015 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item View Item