Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Restructuring Mereduksi Prokrastinasi Akademik dan Academic Dishonesty Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Tadulako
Dian Fitriani , 0105515028 (2017) Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Restructuring Mereduksi Prokrastinasi Akademik dan Academic Dishonesty Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Tadulako. Masters thesis, Pascasarjana.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Cognitive restructuring merupakan teknik yang memusatkan perhatian pada upaya mengidentifikasi dan mengubah pikiran-pikiran atau pernyataan diri negatif dan keyakinan-keyanikan konseli yang tidak rasional. Tujuan penelitian ini (1) memperoleh data empiris Tingkat perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNTAD, (2) memperoleh data empiris tingkat perilaku academic dishonesty pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNTAD (3) memperoleh data empiris Tingkat Keefektifan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi prokrastinasi pada mahasiswa bimbingan dan konseling di Universitas Tadulako Palu (4) memperoleh data empiris Tingkat Keefektifan konseling kelompok dengan teknik Cognitive restructuring untuk mereduksi academic dishonesty pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNTAD, (5) memperoleh data empiris Perbedaan tingkat keefektifan antara konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi prokrastinasi akademik dan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi academic dishonesty pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNTAD Metode penelitian eksperimen menggunakan repetead measure dengan desain pretest and multiple posttest design, melibatkan 14 orang sampel penelitian yang dipilih secara purposive dari 100 orang mahasiswa tahun pertama BK FKIP Universitas Tadulako yang memiliki prokrastinasi akademik dan academic dishonesty tinggi. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji the one-way ANOVA for repeated measures menunjukkan bahwa konseling kelompok cognitive behavior therapy menggunakan teknik cognitive restructuring efektif dalam menurunkan prokrastinasi akademik. Penelitian yang dilakukan menegaskan bahwa konseling kelompok dengan strategi cognitive restructuring efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik dan academic dishonesty mahasiswa. Saran pada penelitian ini ditujukan kepada (1) Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan,hendaknya memberikan dukungan kepada UPT-BK melalui penyediaan sarana dan prasarana, agar kegiatan-kegiatan konseling yang dilakukan UPT-BK dapat berjalan dengan lancar.(2)Kepada Konselor UPT-BK Hendaknya mengadakan kegiatan konseling kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik dan academic dishonesty mahasiswa.(3) Peneliti selanjutnya hendaknya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan konseling kelompok dengan teknik yang sama tetapi dengan masalah, pendekatan dan subyek penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 14:52 |
Last Modified: | 10 Nov 2017 14:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27404 |
Actions (login required)
View Item |