PENGARUH LATIHAN MENEMBAK DARI KURSI DENGAN JARAK BERTAHAP DAN JARAK TETAP TERHADAP HASIL TEMBAKAN FREE THROW PADA PEMAIN BOLABASKET PUTRA SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN 2015


Moh Alief Iskurniawan , 6301411096 (2015) PENGARUH LATIHAN MENEMBAK DARI KURSI DENGAN JARAK BERTAHAP DAN JARAK TETAP TERHADAP HASIL TEMBAKAN FREE THROW PADA PEMAIN BOLABASKET PUTRA SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknik tembakan merupakan teknik yang penting, diantaranya tembakan free throw latihan tembakan free throw selama ini kurang diperhatikan oleh pelatih tidak menggunakan metode latihan, hanya mengajarkan bagaimana cara melakukan tembakan secara langsung dari garis free throw tanpa adanya metode latihan, dan hanya digunakan sebagai pendukung pada saat istirahat saja. Permasalahan penelitian adalah: 1) Apakah ada pengaruh latihan menembak dari kursi dengan jarak bertahap terhadap hasil tembakan free throw, 2) Apakah ada pengaruh latihan menembak dari kursi dengan jarak tetap terhadap hasil tembakan free throw, 3) Bila ada pengaruh, manakah hasil latihan yang lebih baik diantara dua latihan tersebut. Tujuan Penelitian untuk mengetahui: 1) Mengetahui seberapa besar pengaruh metode latihan menembak dari kursi dengan jarak yang bertahap free throw pada pemain bolabasket SMA Negeri 1 Kendal tahun 2015. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh metode latihan menembak dari kursi secara tetap pada pemain bolabasket SMA Negeri 1 Kendal tahun 2015. 3) Mengetahui hasil latihan yang lebih baik antara menembak dari kursi dengan jarak bertahap dan jarak tetap terhadap hasil tembakan bebas free throw pada pemain bolabasket SMA Negeri 1 Kendal tahun 2015 Metode penelitian ini menggunakan ekperimen dengan pola M-S (matched by subject). Populasi penelitian sebanyak 14 pemain putra SMA Negeri 1 Kendal tahun 2015. Sampel penelitian 14 pemain dengan teknik pengambilan total sampling. Teknik anaslisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian free throw menembak dari kursi dengan jarak bertahap dan tetap terhadap tembakan free throw. dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung kelompok kontrol dan eksperiment post test dan pre test -6,102 > t-tabel 2,447 dan kelompok kontrol dan eksperimen post test t-hitung -37,647 > t-tabel 2,447. Sehingga latihan menembak dari kursi dengan jarak bertahap ada pengaruh terhadap kemampuan menembak bebas free throw. Simpulan dari penelitian ini yaitu: metode latihan menembak dari kursi dengan jarak bertahap lebih baik dalam meningkatkan tembakan free throw dari pada dari jarak tetap pada pemain putra SMA Negeri 1 Kendal tahun 2015. Latihan menembak dari kursi dengan jarak ada pengaruh lebih baik dalam meningkatkan hasil tembakan free throw dibandingkan dengan latihan jarak tetap pada pemain bolabasket putra SMA Negeri 1 Kendal tahun 2015.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, latihan menembak dari kursi dengan jarak bertahap dan jarak tetap
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 14:43
Last Modified: 10 Nov 2017 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27401

Actions (login required)

View Item View Item