PERBEDAAN HASIL LATIHAN SMASH SEMI BOLA DILAMBUNGKAN SENDIRI DAN DENGAN TOSSER TERHADAP KEMAMPUAN SMASH SEMI PADA EKSTRAKURIKULER SMA N 1 KRADENAN TAHUN 2015


Angga Jiwandhana Putra , 6301411094 (2016) PERBEDAAN HASIL LATIHAN SMASH SEMI BOLA DILAMBUNGKAN SENDIRI DAN DENGAN TOSSER TERHADAP KEMAMPUAN SMASH SEMI PADA EKSTRAKURIKULER SMA N 1 KRADENAN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Apakah ada perbedaan yang signifikan latihan smash semi bola dilambungkan sendiri 2). Apakah ada perbedaan yang signifikan latihan smash semi dengan tosser 3). Perbedaan manakah yang lebih baik antara latihan smash semi dengan cara bola dilambungkan sendiri dan dengan tosser terhadap kemampuan smash semi bola voli?. Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) Mengetahui perbedaan yang signifikan latihan smash semi dengan cara bola dilambungkan sendiri 2). Mengetahui perbedaan yang signifikan latihan smash semi dengan tosser 3). Perbedaan manakah yang lebih baik antara latihan smash semi dengan cara bola dilambungkan sendiri dan dengan tosser terhadap kemampuan smash semi bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah subjek 20 orang siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler di SMA 1 Kradenan tahun 2015. Instrumen tes menggunakan tes smash dari Robert E. Laveage dengan validitas : 0,828 dan reliabilitas 0,906. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dan data hasil tes dihitung dengan menggunakan rumus uji t. Variabel bebas adalah latihan smash semi dilambungkan sendiri dan latihan smash semi dengan tosser, Variabel terikat adalah kemampuan smash semi bola voli siswa putra ekstrakurikuler SMA N 1 Kradenan tahun 2015 . Dari hasil penghitungan statistik tersebut diperoleh 1). Nilai thitung : 1.56 dengan taraf signifikasi 5 % dan db 9, nilai tabel : 2.262, jadi nilai thitung lebih kecil dari tabel, maka analisa data dapat diperoleh 1.56<2.262 sehingga Ho diterima 2). Nilai thitung : 3.73 dengan taraf signifikasi 5 % dan db 9, nilai tabel : 2.262, jadi nilai thitung lebih besar dari tabel, maka analisa data dapat diperoleh 3.73>2.262 sehingga Ho ditolak, dan 3). Nilai thitung : 2.462 dengan taraf signifikasi 5 % dan db 9, nilai tabel : 2.262, jadi nilai thitung lebih besar dari tabel, maka analisa data dapat diperoleh 2.462>2.262, sehingga Ho ditolak. Simpulan dalam penelitiaan ini adalah 1). Tidakada perbedaan smash semi dilambungkan sendiri hasil pre-test dan post-test, 2). Ada perbedaan smash semi dengan tosser hasil pre-test dan post-test, dan 3) Smash semi dengan tosser lebih baik dibandingkan dengan dilambungkan sendiri dalam hasil lathan smash dalam bola voli pada siswa putra ekstrakurikuler SMA N 1 Kradenan tahun 2015. Oleh karena itu disarankan para pelatih bola voli pada umumnya supaya lebih kreatif untuk menciptakan model-model latihan atau metode-metode latihan dan yang lebih baik dilakukan untuk melatih smash bola voli. Untuk para peneliti lain di Fakulatas Ilmu Keolahragaan UNNES dalam penelitian yang sejenis dapat di gunakan sebagai bahan pembanding.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dilambungkan sendiri, Dengan Tosser dan Smash Semi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 14:40
Last Modified: 10 Nov 2017 14:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27400

Actions (login required)

View Item View Item