HASIL PEMBELAJARAN DENGAN METODE KONVENSIOANAL DAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK PASSING SEPAK BOLA PADA KELAS VIII SMP N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2009/2010


ACHMAD KUNTO WIDAGDO , 6101405617 (2010) HASIL PEMBELAJARAN DENGAN METODE KONVENSIOANAL DAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK PASSING SEPAK BOLA PADA KELAS VIII SMP N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HASIL PEMBELAJARAN DENGAN METODE KONVENSIOANAL DAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK PASSING SEPAK BOLA PADA KELAS VIII SMP N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (HASIL PEMBELAJARAN DENGAN METODE KONVENSIOANAL DAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK PASSING SEPAK BOLA PADA KELAS VIII SMP N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (577kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu : Metode apa yang lebih efektif anatra tutor sebaya dengan konvensional yang diterapkan pada materi passing sepak bola pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode mana yang lebih efektif dalam rangka meningkatkat hasil pembelajaran pada materi passing di SMP N 1 Kesesi K abupaten Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas 2 SMP Negeri 01 Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu metode pembelajaran tutor sebaya dan konvensional sebagai variabel bebas serta peningkatan hasil pembelajaran siswa sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah stop wocth dan tes keterampilan gerak dasar sepakbola dari Danny Mielke. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus uji t. Dari hasil belajar dengan rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 78,6 dan 73,4 pada kelompok kontrol. Dari 46 siswa yang diteliti terdapat 32 siswa (69,6%) di kelompok eksperimen yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai > KKM = 69. Nilai tertinggi mencapai 100 dan nilai paling rendah adalah 56. Pada kelompok kontrol sebanyak 28 siswa (60,9%) yang mencapai ketuntasan belajar, Nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 52. Uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung = 2,181 > t (0.95)(90) yaitu 1,66. maka Ha diterima berarti hasil belajar passing sepak bola pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu hasil pembelajaran dengan metode tutor sebaya terhadap peningkatan teknik passing sepak bola dapat meningkatkan hasil pembelajaran penjasorkes ditinjau dari pemahaman dan aktivitas gerak siswa. Mengacu dari simpulan tersebut dapat diajukan saran antara lain: 1) Bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah menengah pertama dapat mempertimbangkan penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya karena dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan penguasaan keterampilan gerak dasar sepakbola siswa, dan 2) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi dan diharapkan untuk dapat membandingkan metode pembelajaran tutor sebaya dengan metode yang lain agar diperoleh informasi yang semakin tepat terkait bentuk pembelajaran yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 05:34
Last Modified: 25 Apr 2015 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item