Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga Karya Mira W. dan Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP, Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,


A. Murbandari, 2101907002 (2008) Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga Karya Mira W. dan Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP, Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga Karya Mira W. dan Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP, Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,]
Preview
PDF (Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga Karya Mira W. dan Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP, Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,) - Published Version
Download (274kB) | Preview

Abstract

Novel merupakan karya sastra yang mengungkapkan berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat, yang dibangun melalui unsur intrinsik dan ekstrinsik serta nilai pendidikan. Nilai pendidikan tersebut juga terdapat dalam novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. Novel tersebut merupakan sebuah totalitas yang terbangun oleh berbagai unsur intrinsiknya yang koherensif dan padu. Dengan mencermati dan mempelajari alur, latar, para tokoh, gaya dan tema pada novel ini akan mendapatkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya sehingga mampu mempengaruhi perkembangan peserta didik menjadi masyarakat yang berakhlak mulia atau berbudi luhur. Nilai-nilai pendidikan itu jika digali dan diajarkan dapat membentuk watak siswa yang berbudi pekerti luhur dan dapat menempa jiwa mereka menjadi pribadi-pribadi yang tangguh. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membahas novel tersebut sebagai obyek penelitian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah unsur intrinsik novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. dari segi sastra, dan mungkinkah Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W dijadikan bahan ajar apresiasi sastra di SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah menunjukkan unsur intrinsik novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. dari segi sastra, menilai mungkin tidaknya novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. di jadikan bahan ajar apresiasi sastra di SMP. Sesuai permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, maka pendekatan yang digunakan adalah memakai teknik pendekatan secara obyektif.sedangkan unsur-unsur yang diteliti adalah nilai-nilai pendidikannya dan mencari kemungkinan nilai-nilai pendidikan tersebut sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. memiliki unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel. Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. adalah nilai pendidikan etika, pendidikan moral, pendidikan sosial, dan pendidikan religius. Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga bisa dijadikan bahan ajar apresiasi Sastra Indonesia untuk SMP, karena sesuai dengan prinsip-prinsip dan kriteria bahan ajar apresiasi Sastra Indonesia untuk SMP. Mengingkat belum maksimal mengungkap kemungkinan bahan ajar apresiasi sastra di SMP dan belum dibahasnya metode pengajarannya, dalam penelitian ini kami sarankan perlu adanya penelitian lanjutan, sehingga benar-benar dapat menambah khasanah penelitian dari sastra khususnya novel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: apresiasi sastra, bahan ajar, nilai pendidikan
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2011 03:48
Last Modified: 25 Apr 2015 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item