PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PASS GO DAN DIAGONAL PASSING SQUARE TERHADAP KETEPATAN PASSING (Studi Eksperimen Pada Pemain Diklat SMP Terang Bangsa Tahun 2015)


Mohamad Nur Rosid , 6301411090 (2015) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PASS GO DAN DIAGONAL PASSING SQUARE TERHADAP KETEPATAN PASSING (Studi Eksperimen Pada Pemain Diklat SMP Terang Bangsa Tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemain diklat SMP Terang Bangsa sering melakukan kesalahan passing dan mudah di-intercept. Permasalahan penelitian: 1) Apakah ada pengaruh latihan pass go terhadap ketepatan passing?, 2) Apakah ada pengaruh latihan diagonal passing square terhdap ketepatan passing?, 3) Manakah bentuk latihan yang memberikan pengaruh lebih baik antara latihan pass go dan diagonal passing square terhadap ketepatan passing?. Metode penelitian dengan eksperimen pola M-S. Data diambil melalui pre-test dan post-test. Populasi dari penelitian ini adalah pemain diklat SMP Terang Bangsa Semarang sebanyak 34. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemain diklat SMP Terang Bangsa K-U 13 sejumlah 16 pemain. Variabel bebas adalah latihan pass go dan latihan diagonal passing square, ketepatan passing sebagai variabel terikat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) pada kelompok eksperimen I nilai thitung =3,813 > ttabel = 2,365 ini berarti ada pengaruh signifikan. 2) pada kelompok eksperimen II nilai thitung = 2,049 < ttabel = 2,365 ini berarti tidak ada pengaruh yang signifikan. 3) bentuk latihan pass go terbukti lebih berpengaruh terhadap ketepatan passing daripada diagonal passing square. Hal ini karena latihan pass go berpengaruh secara signifikan terhadap ketepatan passing Latihan pass go dan diagonal passing square memberikan pengaruh terhadap ketepatan passing. Latihan pass go memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap ketepatan passing. Disarankan kepada pelatih sepak bola, untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam meningkatkan ketepatan passing dilakukan dengan latihan pass go.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pass Go, Diagonal Passing Square, Ketepatan Passing
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 14:35
Last Modified: 10 Nov 2017 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27399

Actions (login required)

View Item View Item