SURVEI DAMPAK LATIHAN SENAM ASMA YANG DILAKUKAN PARA PENDERITA PENYAKIT ASMA DI BKMP (BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT) WILAYAH SEMARANG


Fahmi Faundra, 6211411118 (2016) SURVEI DAMPAK LATIHAN SENAM ASMA YANG DILAKUKAN PARA PENDERITA PENYAKIT ASMA DI BKMP (BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT) WILAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211411118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak latihan senam pada penderita asma di Balai Kesehatan Paru Masyarakat BKPM Wilayah Semarang. Populasi Penelitian ini adalah penderita asmadi Balai Kesehatan Paru Masyarakat ( BKPM ) Wilayah Semarang. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 responden. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu senam asma. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dan penilaiannya menggunakan angkat. Jenis peneliti menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian survai senam asma Latihan senam asma kreteria baik sebanyak 23 orang dengan persentase 78%, lama mederita asma selama 1 tahun sebanyak 10 orang dengan persentase 33%, tempat kontrol responden di rumah sakit sebanyak 10 orang persentase 33%, kekambuhan sebanyak 16 orang pesentase 53%, pemicu asma sebanyak 12 orang pesentase 40%, intesitas kontrol di BKPM sebanyak 12 orang persentase 40%, lama mengikuti senam sebanyak 13 orang persentase 43%. Pembahasan senam asma menunjukan berpengaruh positif terhadap kondisi penderita asma. Bila seorang melakukan senam asma yang teratur sehingga ia menjadi orang yang terlatih, maka akan terjadi pengikatan afisiensi sistem pernafasan. Dari gerakan senam asma yang bertujuan untuk untuk. Melatih cara bernafas yang benar, Melenturkan dan memperkuat otot pernafasan. Simpulandari data diatas adalah senam asma memberikan pengaruh baik kepada penderita asma di BKPM Wilayah Semarang.Saran perlu memberikan eduksi tentang pentingnya latihan senam asma untuk melatih pernafasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Senam Asma
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 10 Nov 2017 14:22
Last Modified: 10 Nov 2017 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27392

Actions (login required)

View Item View Item