PEMANFAATAN MEDIA SISIRBUMI (SIMULASI SIRINE GEMPA BUMI) UNTUK SIMULASI PENINGKATAN SIAGA BENCANA GEMPA BUMI BAGI SISWA TUNANETRA


Arindya Mardani , 3201412181 (2016) PEMANFAATAN MEDIA SISIRBUMI (SIMULASI SIRINE GEMPA BUMI) UNTUK SIMULASI PENINGKATAN SIAGA BENCANA GEMPA BUMI BAGI SISWA TUNANETRA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412181.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (778kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Menolong Diri Sendiri (PMDS) saat gempa bumi khususnya pada siswa Tunanetra sangatlah penting. Bagi siswa tunanetra, melakukan mitigasi di dalam kelas ketika terjadi gempa bumi bukanlah hal yang mudah dilakukan, jika tidak ada alat yang membantu untuk memberi tahu saat bencana gempa bumi terjadi. Tujuan penelitian ini untuk (1) medesain produk Sisirbumi (simulasi sirine gempa bumi) dengan desain mudah dipahami (2) Membangun produk Sisirbumi (simulasi sirine gempa bumi) yang layak digunakan, dan (3) Melakukan uji kelayakan media Sisirbumi (simulasi sirine gempa bumi) Subjek penelitian ini adalah Media Sisirbumi (simulasi sirine gempa bumi) Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis data hasil uji kelayakan media Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah melakukan uji kelayakan media Sisirbumi (simulasi sirine gempa bumi) oleh praktisi guru, media Sisirbumi dinyatakan layak sebagai media pembantu dalam simulasi siaga bencana gempa bumi, kemudian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Sisirbumi (simulasi sirine gempa bumi) sebelum dan setelah menggunakannya, ini ditunjukan oleh uji-t dengan hasil

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sisirbumi, Siswa Tunanetra, Simulasi Siaga bencana
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 13:57
Last Modified: 10 Nov 2017 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27387

Actions (login required)

View Item View Item