PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA SISWA KELAS XI IIS SMA N 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Meilinda Damayanti , 3201412153 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA SISWA KELAS XI IIS SMA N 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412153.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (436kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar Media sangat diperlukan dalam pembelajran disekolah, karena itu perlu digunakan dengan melalui prosedur kerja yang benar, Permasalahan dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimana penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran geografi di kelas XI IIS SMA Negeri 3 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) Bagaimana hasil belajar siswa-siswi kelas XI IIS SMA Negeri 3 Semarang dengan menggunakan media film dokumenter,(3)Bagaimana pengaruh penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran geografi kelas XI IIS SMA Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Dan penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran geografi di kelas XI IISSMA Negeri 3 Semarang tahun ajaran2015/2016, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswadengan menggunakan film dokumenter dalam pembelajaran geografi di kelas XI IISSMA Negeri 3 Semarang tahun ajaran 2015/2016, (3) Untuk menganalisis pengaruh penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran geografi di kelas XI IIS SMA Negeri 3 Semarang Tahun 2015/2016. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 3 Semarang yang berada di Kota Semarang. Populasiyaitu semua siswa kelas XI program ilmu-ilmu sosial SMA Negeri 3 Semarang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2yang seluruhnya berjumlah 63 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel bertujuan (purposive sample) dengan dasar pertimbangannya adalah siswa mendapat materi berdasarkan kurikulum yang sama, guru pengampu yang sama, buku yang digunakan dalam pelajaran sama, nilai relative sama. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XI IIS 1 dengan jumlah sampel 31 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media film documentersiswa kelas XI IIS SMA Negeri 3 Semarang TahunPelajaran 2015/2016 yang diaplikasikan oleh peneliti sebagai variable bebas, dan hasil belajar kelas XI IIS SMA Negeri 3 Semarang sebagai variable terikat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi : (1) Kusioner, (2) Observasi, (3) Tes, dan (4) Dokumentasi. Berdasar hasil penelitian, kemampuan kognitif siswa pada saat post-test lebih baik daripada saat pre-test dan mengalami peningkatan dari kondisi awal sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Kemampuan kognitif ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar pada hasil belajar siswa kelas XI IIS 1.Peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang mencapai 0,14 pada skala 100 atau setara dengan 10,4% merupakan peningkatan yang relatif lebih besar dari rata-rata nilai awal (nilai pre-test). Hal ini wajar terjadi karena penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran geografi materi pokok pelestarian lingkungan hidup utnuk pembangunan berkelanjutan jauh lebih mudah diterima oleh siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu : (1) Dalam pengajaran geoografi, media yang sesuia sangat diperlukan dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. (2) Media film dokumenter sangat sesuai digunakan dalam pembelajaran geografi dengan pokok bahasan pelestarian lingkungan hidup utnuk pembangunan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Film Dokumenter,
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 13:48
Last Modified: 10 Nov 2017 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27384

Actions (login required)

View Item View Item