PEMANFAATAN DATA ADMINISTRASI DESA UNTUK SUMBER BELAJARPADA MATERI PERMASALAHAN KEPENDUDUKAN DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA MELALUI TEKNIK GANGSAL T KELAS VIII DI SMP PGRI 1 AJIBARANG BANYUMAS TAHUN 2016


Nora Kresnawati , 3201412148 (2016) PEMANFAATAN DATA ADMINISTRASI DESA UNTUK SUMBER BELAJARPADA MATERI PERMASALAHAN KEPENDUDUKAN DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA MELALUI TEKNIK GANGSAL T KELAS VIII DI SMP PGRI 1 AJIBARANG BANYUMAS TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412148.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (838kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan sumber belajar geografi berupa pemanfaatan data administrasi desa yang belum maksimal.Materi geografi sediri dalam pembelajaran di SMP dipelajari secara terpadu pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Permasalahan pembelajaran IPS kususnya pada pembahasan geografiyaitu keterlibatan siswa selama proses pembelajaran yang belum optimal dan hasil belajar siswa yang sebagian besar belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajarandan hasil belajar siswa materi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya SMP PGRI 1 Ajibarang tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis pre-eksperimental designdengan pola one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas VIII di SMP PGRI 1 Ajibarang yang berjumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa diambil dengan teknikrandom sampling, pertimbangan yang digunakan yaitu siswa mendapat materi berdasarkan kurikulum yang sama, mendapat perlakuan atau mendapat pengajaran dari 1 guru yang sama, siswajuga mendapat fasilitas pembelajaran yang sama, nilai rata- rata di setiap kelas juga hampir sama.Berdasarkanpertimbangan tersebut diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen.Teknikpengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik dokumentasi, tes, observasi, dan angket.Pembelajaran menggunakan teknik GANGSAL T dan di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskripsif persentase, uji t-test dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dinyatakantinggi dengan nilai 89,09 dengan 20 siswa atau sekitar 57.143% siswa memperoleh skor antara 89–107 dengan kriteria tinggi, diikuti dengan 15 siswa atau sekitar 42.857% siswa memperoleh skor antara 70–88 dengan kriteria sedang sedangkan minat siswa selama proses pembelajarandinyatakan tinggi dilihat dari pertemuan rata-rata presentase siswa sebesar 81,67%. Rata-rata hasil belajar siswa yang semula 67,51 meningkat menjadi 77,62 dengan persentase77,14% setelah menggunakan teknik “GANGSAL T” dalam pembelajaran IPS. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan teknik “GANGSAL T” dengan memanfatkan data administrasi desa pada mata pelajaran IPS dapat diterapkan denganbaik dan dapat digunakan sebagai salah satu variasipembelajaran sehingga lebih menarik, menyenangkan memotivasi siswa,meningkatkan keterlibatan belajar siswa dan kerja sama siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Data Administrasi Desa, Teknik “GANGSAL T”.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 13:18
Last Modified: 10 Nov 2017 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27383

Actions (login required)

View Item View Item