PENYUSUNAN BUKU NONTEKS MENGENAL BENCANA TANAH LONGSOR DI JAWA TENGAH SEBAGAI BAHAN AJAR SUPLEMEN MATERI PELAJARAN GEOGRAFI SMA


Raudhotul Lu’lua , 3201412139 (2016) PENYUSUNAN BUKU NONTEKS MENGENAL BENCANA TANAH LONGSOR DI JAWA TENGAH SEBAGAI BAHAN AJAR SUPLEMEN MATERI PELAJARAN GEOGRAFI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412139.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (280kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif dapat tercapai dengan dukungan tersedianya bahan ajar. Sebagian besar bahan ajar yang digunakan oleh guru berupa buku teks pelajaran yang digunakan sebagai buku pegangan pokok. Padahal dalam buku teks pelajaran terkadang materi yang disajikan masih kurang. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu bahan ajar yang menjadi pendamping buku pegangan pokok tersebut. Buku pendamping tersebut berperan sebagai suplemen terhadap materi yang kurang tersaji dalam buku pegangan pokok. Buku pendamping tersebut dikenal dengan buku nonteks. Masalah dalam penelitian ini adalah kelayakan buku nonteks Mengenal Bencana Tanah Longsor di Jawa Tengah sebagai bahan ajar suplemen materi pelajaran geografi SMA. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendesain, menyusun, dan mengetahui tingkat kelayakan buku nonteks tersebut. Objek dalam penelitian adalah buku nonteks Mengenal Bencana Tanah Longsor di Jawa Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah guru geografi SMA/MA dan siswa SMA yang akan menjadi responden dalam mengisi angket uji kelayakan dan angket tanggapan siswa. Penentuan guru dan siswa dilakukan dengan tekniknonprobability sampling jenis purposive sampling Penelitian dilakukan di SMA 1 Kudus, MAN 1 Kudus, dan SMAN 1 Gebog Kudus. Variabel dalam penelitian adalah desain, penyusunan dan tingkat kelayakan buku nonteks. Teknik analisis data untuk angket uji kelayakan buku yang dilakukan oleh guru menggunakan pedoman penilaian buku nonteks yang ditentukan Puskurbuk, sedangkan untuk angket tanggapan yang dilakukan siswa menggunakan skala likert dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa hasil penilaian uji kelayakan guru dan uji tanggapan siswa. Hasil penilaian dari 5 orang guru dari sekolah yang berbeda memperoleh hasil rata-rata sebesar 84,76 dengan kriteria layak dengan predikat baik. Adapun menurut hasil penilaian tanggapan 50 orang siswa memperoleh nilai 82,34 dengan kriteria sangat baik. Dengan hasil perolehan yang termasuk pada kriteria layak dengan predikat baik dari guru dan hasil sangat baik dari siswa, maka menunjukkan bahwa buku nonteks layak digunakan sebagai bahan ajar suplemen untuk buku pengayaan pengetahuan dalam mata pelajaran geografi SMA, khususnya materi tanah longsor. Saran, guru diharapkan dapat menggunakan dan menyusun bahan ajar buku nonteks yang kreatif dan menarik sebagai pendamping buku pegangan utama agar wawasan siswa semakin meningkat dengan adanya berbagai referensi. Siswa diharapkan tidak hanya mengandalkan buku pegangan pokok yang sudah ada, akan tetapi lebih baik untuk selalu aktif dalam mencari pengetahuan dan informasi dari berbagi sumber bacaan yang ada, salah satunya buku nonteks pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Nonteks, Bencana Tanah Longsor
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 13:09
Last Modified: 10 Nov 2017 13:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27381

Actions (login required)

View Item View Item