PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)SISWA KELAS X SMA N 1 PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Nafsul Mutmainah , 3201412137 (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)SISWA KELAS X SMA N 1 PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412137.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (514kB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri (monolitik) dan bertujuan mengembangkan kepekaan siswa untuk mewujudkan kesadaran lingkungan hidup. Pembelajaran PLH membantu siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan pengelolaan lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Adanya pembelajaran PLH tersebut muncul sistem pengelolaan lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kebijakan sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran PLH, (2) Mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran PLH, (3) Mengetahui pengetahuan dan perilaku siswa dalam pengelolaan lingkungan sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwantoro dengan jumlah 238 siswa. Pengambilan sempel dilakukan dengan mengabil 20% dari jumlah populasi, sehingga diperoleh pembulatan sebagai sempel sebesar 48 siswa. Penentuan sempel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif sederhana serta statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kebijakan sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran PLH meliputi visi, misi dan tujuan sekolah yang memuat kebijakan PLH, kebijakan sekolah dalam memperingati hari bertema lingkungan hidup, kebijakan peningkatan kapasitas guru di bidang PLH, kebijakan sekolah yang mengatur kebersihan dan kesehatan lingkungan, pengalokasian dana sekolah, sarana prasarana pembelajaran PLH. Hasil penelitian penyususnan silabus dan RPP disusun dengan baik sesuai aturan pengembangan perangkat pembelajaran. Materi-materi yang diajarkan dalam pembelajaran cukup bervariatif dan tetap mengacu pada unsur-unsur lingkungan hidup. Pengetahuan dan perilaku siswa dalam kegiatan pengelolaan lingkungan sekolah di SMA Negeri 1 Purwantoro meliputi 5 aspek yaitu dalam pengelolaan air, pengelolaan sampah, pengelolaan energi, pengelolaan halaman, dan manfaat yang dihasilkan dari pengelolaan lingkungan sekolah. Sebagian besar pengetahuan siswa memiliki kriteria baik dalam kegiatan pengelolaan lingkungan sekolah. Perilaku siswa dalam pengelolaan lingkungan sekolah juga masuk dalam kategori baik. Hal ini dikarenakan materi pelajaran PLH memberikan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengelola lingkungan, serta materi-materi yang terdapat pada silabus dan RPP berkaitan dengan 5 aspek pengelolaan lingkungan. Saran yang diajukan yaitu perlu adanya kebijakan peningkatan kapasitas guru dalam pembelajaran PLH, perlu adanya inovasi dalam KBM, menanamkan perilaku peduli lingkungan dengan diadakannya kegiatan rutin bertema lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pembelajaran, Pendidikan Lingkungan Hidup
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 13:06
Last Modified: 10 Nov 2017 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27380

Actions (login required)

View Item View Item