KEGIATAN SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) KELAS VII SMP NEGERI 7 MAGELANG


Nur Roykhanah Zulfah , 3201412130 (2016) KEGIATAN SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) KELAS VII SMP NEGERI 7 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412130.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (685kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan yang dapat menumbuhkan pemahaman, kreativitas, sikap, daya pikir, potensi, dan minat siswa. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang tidak monoton dan tidak menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sehingga model pembelajaran Two Stay Two Stray sesuai dengan pembelajaran yang mengajarkan siswa untuk bekerja sama dan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap kegiatan siswa kelas VII SMP Negeri 7 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Magelang dan sampel dari penelitian ini adalah terdiri dari 1 kelas yaitu kelas VIID sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif statistic dengan menggunakan tabel frekuensi. Data yang diperoleh ditabulasi kemudian dideskripsikan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini yaitu seberapa besar dan efektif tingkat aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Berdasarkan hasil penilaian dari tiap-tiap indikator, diperoleh data keseluruhan kegiatan siswa yaitu pada siswa kelas VIID dengan jumlah 32 siswa menunjukkan bahwa 30 siswa(93,75%) termasuk dalam kriteria tinggi, 2 siswa(6,25%) termasuk dalam kriteria cukup tinggi dan tidak ada siswa yang masuk dalam kriteria sangat tinggi dan rendah. Rata-rata skor yang diperoleh dari kegiatan siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah 32,0 dan masuk dalam kriteria tinggi. Terdapat keefektifan dalam pembelajaran menggunakan model Two Stay Two Stray yang dapat diketaui dengan mengukur tingkat kegiatan siswa atau aktivitas siswa. Penelitian lebih lanjut tentang model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray perlu diadakan lagi. Guru diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray sebagai alternatif model pembelajaran yang bervariasi agar pembelajaran tidak monoton dan tidak membosankan, sehingga tercipta suasana yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Kegiatan Siswa.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 13:00
Last Modified: 10 Nov 2017 13:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27378

Actions (login required)

View Item View Item