MUSEUM MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA DI KOTA BANDUNG Dengan Penekanan Desain Arsitektur Humanisme Landasan Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur


Ahmad Hariyanto, 5112410011 (2016) MUSEUM MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA DI KOTA BANDUNG Dengan Penekanan Desain Arsitektur Humanisme Landasan Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112410011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Papua hingga Aceh. Hampir diseluruh wilayah Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang khas. Seiring dengan arus globalisai dan perkembangan zaman yang semakin kuat disegala bidang baik ekonomi, sosisal, maupun budaya menyebabkan kebudayaan lokal Indonesia mulai terkikis budaya dari luar tidak terkecuali musik tradisioanal Indonesia. Alat musik tersebut tidak hanya digunakan sebagai media hiburan oleh masyarakat bersangkutan, namun memiliki fungsi lainnya yang tidak bisa lepas dalam kehidupan sosial terutama pada masyarakat tradisional, seperti upacara pernikahan, upacara sebelum bercocok tanam dan panen padi, dan upacara adat lainnya yang sampai kini masih dapat kita temui di beberapa daerah. Kebudayaan ataupun musik tradisional Indonsia merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan agar tidak punah, karena kebudayaan ataupun musik tradisional nusantara merupakan identitas bagi bangsa Indonesia. Museum merupakan salah satu wadah atau sarana yang dapat digunakan untuk melestarikan budaya dan hasil budaya suatau daerah. Perkembangan museum di Indonesia akhir-akhir ini dirasakan begitu tertinggal dibandingkan dengan di negara - negara lain. Seharusnya, museum dapat diberdayakan menjadi sebuah alternatif rekreasi, sekaligus pendidikan. Oleh karena itu perlu adanya wadah atau sarana yang dapat menampung segala macam kegiatan musik tradisional, dengan adanya Museum musik tradisional nusantara diharapkan dapat menampung segala macam aspirasi dan kegiatan para musisi dan musik tradisional, sehingga pada akhirnya musik tradisional nusantara tetap terjaga dan dapat memberikan referensi bagi para musisi. Dengan penekanan desain arsitektur humanisme diharapkan bangunan museum menjadi bangunan yang nyaman bagi pegunjung dan pengelola museum, selain itu juga diharapkan bangunan museum ini tidak hanya mencakup dalam bidang rekreasi akan tetapi juga mencakup bidang edukasi dan konservasi dari musik tradisional nusantara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Museum, Musik, Tradisional, Nusnatara, Humanisme.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 19:48
Last Modified: 09 Nov 2017 19:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27374

Actions (login required)

View Item View Item