PENERAPAN BUKLET PENGELOLAAN AIR BERSIH PADA KELUARGA PENAMBANG MINYAK TRADISIONAL DI DESA LEDOK KECAMATAN SAMBONG KABUPATEN BLORA


Devi Suci Febriana , 3201412123 (2016) PENERAPAN BUKLET PENGELOLAAN AIR BERSIH PADA KELUARGA PENAMBANG MINYAK TRADISIONAL DI DESA LEDOK KECAMATAN SAMBONG KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412123.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (736kB) | Preview

Abstract

Aktifitas penambangan minyak tradisional menyebabkan pencemaran air baik secara fisik maupun kimia pada sumber air sumur penduduk di Desa Ledok. Hal tersebut disebabkan karena tempat penampungan minyak dan aliran residu kurang diperhatikan. Dampak negatif penambangan minyak tradisional disebabkan oleh sikap dan perilaku masyarakat penambang yang kurang sadar akan pentingnya air bersih yang dimanfaatkan sehari – hari untuk kelangsungan hidup. Rumusan masalah penelitian ini 1) bagaimana sikap dan perilaku penambang minyak tradisional terhadap limbah minyak dan pengelolaan limbah minyak 2) bagaimana penerapan buklet pengelolaan air bersih pada keluarga penambang minyak tradisional. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui sikap dan perilaku penambang minyak tradisional, 2) menyusun dan menerapkan buklet pengelolaan air bersih pada keluarga penambang minyak, dan 3) mengetahui respon keluarga penambang terhadap buklet pengelolaan air bersih. Populasi sampel meliputi keluarga penambang di RW 1 sebanyak 66 orang dari 193 orang. Variabel yaitu: sikap dan perilaku penambang minyak, buklet pengelolaan air bersih, dan respon keluarga penambang. Metode pengumpulan sampel menggunakan Stratified Random sampling. Teknik pengumpulan data berupa: observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknis analisis menggunakan deskriptif persentase. Penambang kurang peduli dengan dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan penambangan maupun limbah minyak sehingga penambang tidak segera mencari upaya dalam mengatasi dampak tersebut. Pengetahuan responden dengan latar belakang pendidikan Strara 1 sebanyak 8 responden, SLTA sebanyak 18 responden, SLTP sebanyak 6 responden, dan SD sebanyak 5 responden dalam kriteria sangat baik. Sikap responden dengan latar belakang pendidikan Strara 1 sebanyak 6 responden, SLTA sebanyak 16 responden, SLTP sebanyak 8 responden, dan SD sebanyak 5 responden dalam kriteria sangat baik. Perilaku responden menunjukkan perilaku belum sadar terhadap pengelolaan limbah minyak maupun air bersih karena belum ada tindakan yang dilakukan setelah mengetahui bahwa limbah minyak dibuang ke sungai. Saran dari penelitian ini adalah perlu diadakan penyuluhan kepada masyarakat penambang akan pentingnya pengelolaan limbah minyak agar terhindar dari pencemaran dan penyuluhan tentang pengelolaan air bersih sehingga pengetahuan dan kesadaran masyarakat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Buklet, Pengelolaan Air Bersih.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 19:45
Last Modified: 09 Nov 2017 19:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27372

Actions (login required)

View Item View Item