HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM MENJAGA SANITASI LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN 2016


Zulaifatul Khafsoh , 3201412119 (2016) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM MENJAGA SANITASI LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412119.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (729kB) | Preview

Abstract

SMA N 1 Petanahan mendapatkan penghargaan sebagai sekolah bersih dan sehat pada tahun 2011. Namun masih terdapat siswa yang memiliki kesadaran dalam menjaga sanitasi lingkungan yang rendah. Rumusan masalah penelitian ini 1)bagaimana pengetahuan siswa tentang lingkungan hidup di SMA Negeri 1 Petanahan, 2) bagaimana partisipasi siswa dalam menjaga sanitasi lingkungan di SMA Negeri 1 Petanahan, 3) adakah hubungan antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup dengan partisipasi siswa dalam menjaga sanitasi lingkungan di SMA Negeri 1 Petanahan. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui tingkat pengetahuan siswa tentang lingkungan hidup, 2) mengetahui partisipasi siswa dalam menjaga sanitasi lingkungan sekolah, dan 3) mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup terhadap partisipasi siswa dalam menjaga sanitasi lingkungan sekolah. Objek penelitian meliputi siswa-siswi SMA Negeri 1 Petanahan sebanyak 85 siswa dari 576 siswa. Metode pengumpulan sampel menggunakan simpel random sampling. Teknik pengumpulan data berupa: tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis menggunaka deskriptif persentase dan analisis korelasi. Pengetahuan siswa tentang lingkungan hidup sudah baik ini dikarenakan siswa mengikuti pembelajaran lingkungan hidup melalui mata pelajaran adiwiyata. Rata-rata pengetahuan lingkungan hidup 73,27% dalam kategori sedang. Tingkat partisipasi siswa dalam menjaga sanitasi lingkungan memiliki rata-rata 65,5 % berada pada kelas sedang. Hubungan tingkat pengetahuan lingkungan hidup dengan partisipasi siswa dalam menjaga sanitasi lingkungan di SMA Negeri 1 Petanahan setelah diuji dengan korelasi product moment dapat diketahui rhitung = 0,602 sedangkan rtabel = 0,213, maka ada hubungan yang positif antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup dengan partisipasi siswa dalam menjaga sanitasi lingkungan di SMA N 1 Petanahan tahun 2016. Artinya semakin tinggi tingkat pengetahuan lingkungan hidup maka semakin tinggi pula partisipasi siswa dalam menjaga sanitasi lingkungan di SMA N 1 Petanahan tahun 2016. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan dua faktor lain yan mempengaruhi partisipasi yaitu jenis kelamin dan umur agar hubungan antara pengetahuan dan partisipasi memiliki hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahauan, Lingkungan Hidup, Partisipasi, Sanitasi.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:41
Last Modified: 09 Nov 2017 18:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27371

Actions (login required)

View Item View Item