KARAKTERISTIK PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP ALAM AR-RIDHO DAN SMP NEGERI 26 SEMARANG TAHUN 2016
Teguh Dwi Arianto , 3201412106 (2016) KARAKTERISTIK PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP ALAM AR-RIDHO DAN SMP NEGERI 26 SEMARANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (788kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan upaya potensial dalam mengatasi krisis lingkungan melalui pendidikan lingkungan di sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) proses belajar mengajar SMP Alam Ar-Ridho dan SMPN 26 Semarang 2) sarana dan prasarana SMP Alam Ar-Ridho dan SMPN 26 Semarang 3) perilaku peduli lingkungan siswa SMP Alam Ar-Ridho dan SMPN 26 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi sebanyak 61 siswa SMP Alam Ar-Ridho dan 751 siswa SMPN 26 Semarang. Sampel sebanyak 27 siswa SMP Alam Ar-Ridho dan 68 Siswa SMPN 26 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif dan deskriptif persentase. Hasil penelitian: 1) proses belajar mengajar SMP Alam Ar-Ridho sudah baik karena sudah memenuhi standar kurikulum dan metode belajar sekolah alam, 2) proses belajar mengajar SMPN 26 Semarang sudah baik namun belum ada muatan lokal tentang lingkungan hidup, kegiatan pembuatan lubang biopori, dan kegiatan peringatan hari besar lingkungan, 3) sarana prasarana di SMP Alam Ar-Ridho baik namun baru ada satu tempat sampah yang dipisahkan menjadi organik dan non organik, 4) sarana prasarana di SMPN 26 Semarang baik namun belum terdapat lubang resapan biopori dan kantin masih menjual jajanan berplastik, 5) kepedulian siswa SMP Alam Ar-Ridho terhadap kebersihan kelas, sampah, dan lingkungan sekolah termasuk kriteria sangat peduli dengan skor 77,88%, 81,60%, dan 78,19%. Keterlibatan dalam ekstrakurikuler dan kegiatan lingkungan termasuk kriteria aktif (67,28%), 6) kepedulian siswa SMPN 26 Semarang terhadap kebersihan kelas dan sampah termasuk kriteria peduli dengan skor 76,96% dan 73,44%. Keterlibatan dalam ekstrakurikuler dan kegiatan lingkungan termasuk kriteria kurang aktif (53,23%) dan kepedulian terhadap lingkungan sekolah termasuk sangat peduli (78,55%). Saran yang diajukan 1) proses belajar mengajar di SMP Alam Ar-Ridho sebaiknya dipertahankan sesuai standar kurikulum dan metode belajar sekolah alam, 2) proses belajar mengajar SMPN 26 Semarang dikembangkan dengan muatan lokal tentang lingkungan hidup, kegiatan pembuatan lubang biopori, dan peringatan hari lingkungan, 3) sarana prasarana SMP Alam Ar-Ridho dilengkapi dengan diperbanyak tempat sampah yang dipisahkan menjadi organik dan non organik, 4) sarana prasarana SMPN 26 Semarang dilengkapi dengan lubang resapan biopori dan kantin sehat dengan tidak menjual jajanan yang dikemas dengan plastik, 5) keterlibatan siswa SMP Alam Ar-Ridho dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lingkungan ditingkatkan, 6) kepedulian siswa SMPN 26 Semarang terhadap kebersihan kelas, sampah, dan keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lingkungan perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Peduli Lingkungan, Sekolah Alam, Sekolah Adiwiyata |
Subjects: | L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 09 Nov 2017 18:38 |
Last Modified: | 09 Nov 2017 18:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27369 |
Actions (login required)
View Item |