IMPLEMENTASI PROGRAM MITIGASI NON STRUKTURAL BENCANA KEBAKARAN OLEH BPBD KABUPATEN BLORA DI DESA JIPANG KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA


Berlian Surya Rimbani S , 3201412090 (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM MITIGASI NON STRUKTURAL BENCANA KEBAKARAN OLEH BPBD KABUPATEN BLORA DI DESA JIPANG KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (360kB) | Preview

Abstract

Implementasi, Program Mitigasi Non Struktural, Kebakaran Kebakaran terjadi antara lain karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang bencana kebakaran. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya program mitigasi bencana kebakaran non struktural oleh BPBD Kabupaten Blora dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang penanggulangan bencana kebakaran. Tujuan dari penelitian ini antara lain 1) Mengetahui implementasi program mitigasi non struktural bencana kebakaran oleh BPBD Kabupaten Blora di Desa Jipang 2) Mengetahui hambatan dalam implementasi 3) Mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang penanggulangan bencana kebakaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 43 orang. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel populasi yaitu berjumlah 43 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data Hasil penelitian menunjukkan implementasi program mitigasi bencana non struktural di Desa Jipang oleh BPBD Kabupaten Blora dilaksanakan melalui program sosialisasi penanggulangan bencana kebakaran dan simulasi pemadaman api. Program sosialisasi dan simulasi tersebut sudah berjalan dengan lancar sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hambatan dalam pelaksanaan program mitigasi non struktural bencana kebakaran di Desa Jipang oleh BPBD Kabupaten Blora yaitu pemberitahuan pelaksanaan sosialisasi dan simulasi kurang efektif, beberapa peserta datang terlambat, kurangnya persediaan APAR, peserta kurang aktif dalam mengikuti simulasi dan tidak dilakukan evaluasi output masyarakat. Rata-rata pengetahuan masyarakat tentang sosialisasi penanggulangan kebakaran termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 69% dan jumlah responden dengan nilai tuntas sebanyak 70%. Rata-rata pengetahuan masyarakat tentang simulasi pemadaman api termasuk kategori sedang yaitu sebesar 57% dan jumlah responden dengan nilai tuntas sebanyak 28%. Saran, pelaksanaan sosialisasi dan simulasi bencana kebakaran perlu dilaksanakan secara rutin agar masyarakat Desa Jipang lebih paham terhadap penanggulangan bencana kebakaran serta perlu adanya peningkatan jumlah APAR 7-8 buah dalam pelaksanaan simulasi pemadaman api sehingga praktik penggunaaan APAR dapat dilakukan secara menyeluruh kepada peserta simulasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menggunakan deskriptif persentase.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:31
Last Modified: 09 Nov 2017 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27368

Actions (login required)

View Item View Item