PENGARUH PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING BERBASIS ECO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS XI IPS SMA N I KUTASARI PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016


Deni Dwi Agistiyana , 3201412083 (2016) PENGARUH PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING BERBASIS ECO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS XI IPS SMA N I KUTASARI PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (705kB) | Preview

Abstract

Siswa sering mengalami kebosanan saat mengikuti pembelajaran di dalam kelas, dikarenakan pembelajaran lebih terpusat kedapa guru bukan siswa. Untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan maka pendekatan pembelajaran harus diubah menjadi berpusat pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran geografi ditinjau dari respon siswa, aktivitas siswa dan kinerja guru, adakah pengaruh pendekatan outdoor learning berbasis ecoedutainment terhadap hasil belajar siswa berdasarkan angket respon siswa dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi,tes danangket. Rata-rata hasil belajar pre test untuk kelas eksperimen yaitu 69,80 dan untuk kelas kontrol 68,68. Dari angket respon siswa dapat diketahui bahwa siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan skor 79,5%, sedangkan aktivitas siswa menunjukan bahwa siswa masuk dalam kriteria aktif dengan skor 79,2% Berdasarkan perhitungan uji dua pihak antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah mendapat perlakuan, diperoleh thitung = 2,806 sedangkan ttabel =1,67. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah keduanya diberi perlakuan yang berbeda. Dari perlakuan yang berbeda menggunakan pendekatan outdoor learning berbasis ecoedutainment, kelas eksperimen memperoleh rata-rata 80,82 dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah memperoleh rata-rata sebesar 76,40. Untuk menghitung pengaruh menggunakan analisis regresi, yaitu dengan rumus Ŷ: a+bX dan diperoleh hasil Ŷ: 37,577 + 0,391X, sehingga pengaruh pendekatan outdoor learning berbasis ecoedutainment yaitu sebesar 43,77%. Simpulan, siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menunjukan respon yang positif dan aktif ketika mengikuti setiap kegiatannya, sehingga siswa merasa tertarik dengan kegiatan pembelajaran. Dapat diketahui pula bahwa sumbangan dari pembelajaran memiliki pengaruh sebesar 43,77%. Saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan guru bisa menggunakan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk menarik minat belajar siswa. Dan kepada kepala sekolah untuk dapat menindak lanjut metode pembelajaran yang disarankan oleh peneliti supaya dapat digunakan oleh guru matapelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Outdoor Learning, Ecoedutainment, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:24
Last Modified: 09 Nov 2017 18:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27367

Actions (login required)

View Item View Item