AUDIT KESELAMATAN JALAN DI RUAS BTS. BANYUMAS TENGAH - KEBUMEN KM 171 – 172 SEMARANG


Arief Mahardianto, 5111312008 (2016) AUDIT KESELAMATAN JALAN DI RUAS BTS. BANYUMAS TENGAH - KEBUMEN KM 171 – 172 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5111312008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Jalan Arteri Primer KM 171-172 Jalur Selatan Jawa, di Kelurahan Panjatan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, merupakan lokasi yang rawan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktorfaktor penyebab terjadinya kecelakaan di tinjau dari keadaan geometrik jalan dan kondisi eksisting sekitar ruas jalan dan memberikan rekomendasi atau usulan perbaikan. Analisis faktor potensi penyebab kecelakaan di lakukan berdasarkan kondisi geometrik jalan eksisting dengan kondisi geometrik jalan yang dibutuhkan maupun kondisi geometrik jalan eksisting dengan kondisi geometrik jalan desain (perencanaan) serta kondisi sekitar ruas jalan dengan peraturan yang berlaku. Jika terdapat ketidaksesuaian diantaranya maka dapat menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa faktor potensi penyebab terjadinya kecelakaan di ruas bts Banyumas Tengah – Kebumen Km 171-172 Semarang adalah jari-jari tikungan kondisi eksisting yang tidak memadai, superelevasi kondisi eksisting lebih kecil dari yang dibutuhkan dan daerah bebas samping di tikungan yang tertutup. Sehingga di butuhkan upaya-upaya untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan. Upaya yang disarankan dalam penelitian ini adalah dengan cara pemberian fasilitas perlengkapan jalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jalan Arteri Primer, kondisi geometrik jalan, fasilitas pelengkap jalan, faktor penyebab kecelakaan.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, D3
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:37
Last Modified: 10 Nov 2017 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item View Item