PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATA KULIAH TEKNIK FINISHING TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Arini Nikmah , 5101412072 (2016) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATA KULIAH TEKNIK FINISHING TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran merupakan suatu kebutuhan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2013 berdasarkan pada hasil observasi yang telah dilakukan pada mahasiswa angkatan 2012. Media pembelajaran dibuat dan digunakan untuk mata kuliah teknik finishing sub materi melamin, dengan menganalisis hasil observasi mahasiswa, merumuskan tujuan berdasarkan pada RPS, merumuskan materi, pembuatan video tahapan teknik finishing sub materi melamin, pembuatan konsep media, alur media, naskah media, merumuskan instrumen untuk para ahli dan pengaplikasian media pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa atau hasil observasi terhadap mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah teknik finishing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode siklus atau PTK, yang digunakan untuk melihat hasil belajar pre test dan post test pada pembelajaran disetiap siklusnya. Metode PTK meliputi Planning, Acting, Observing dan Reflecting. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa tes dan kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar dan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dengan memperhatikan validitas, reliabilitas. Pada pengujian validitas media, diserahkan kepada ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 17,73 % dan 88,76 % menyatakan setuju terhadap persepsi mahasiswa mengenai media pembelajaran. Diharapkan dalam proses belajar mengajar media yang digunakan menjadi lebih menarik, bervariasi dan komunikatif. Penilaian yang didapatkan dari ahli materi meliputi aspek materi dan aspek pembelajaran dengan persentase 92,5%. Penilaian yang didapatkan dari ahli media meliputi aspek perangkat lunak, aspek konten pembelajaran, aspek tampilan media dan aspek audio video dengan persentase 92%. Dari kedua ahli tersebut, media dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio visual, Teknik Finishing
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:37
Last Modified: 09 Nov 2017 18:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27362

Actions (login required)

View Item View Item