ANALISIS RANAH KOGNISI TENTANG PENGETAHUAN PERPETAAN GURU IPS SMP NEGERI DI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2016


Herlina , 3201412066 (2016) ANALISIS RANAH KOGNISI TENTANG PENGETAHUAN PERPETAAN GURU IPS SMP NEGERI DI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412066.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (488kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan merupakan segala sesuatu atau informasi yang diketahui oleh seseorang melalui pengenalan sumber informasi, ide yang diperoleh malalui penginderaan baik secara angsung maupun tidak langsung. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah tingkat pengetahuan perpetaan guru IPS SMP Negeri saat proses belajar mengajar mata pelajaran IPS di Kabupaten Pekalongan tahun 2016?, apa saja kendala-kendala dalam pembelajaran tentang perpetaan saat proses belajar mengajar mata pelajaran IPS bidang kajian geografi?. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui tingkat pengetahuan perpetaan guru IPS SMP Negeri saat proses belajar mengajar mata pelajaran IPS di kabupaten Pekalongan tahun 2016, 2) mengetahui kendala-kendala dalam pembelajaran tentang perpetaan mata pelajaran IPS bidang kajian geografi, 3) mengetahui upaya untuk mengatasi kendala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran IPS SMP di Kabupaten Pekalongan. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 guru mata pelajaran IPS SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan. Ada dua variabel dalam penelitian ini, yaitu: 1) Tingkat pengetahuan perpetaan guru IPS SMP Negeri, 2) Kendala-kendala dalam pembelajaran tentang perpetaan saat proses belajar mengajar mata pelajaran IPS dan upaya mengatasi dari kendala-kendala tersebut. Teknik pengambilan sampel ini berdasarkan quota sampling. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data pengukuran lapangan dan data sekunder, data dari instansi yang terkait yaitu data jumlah guru IPS SMP di Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian tingkat pengetahuan perpetaan guru IPS SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan Tahun 2016 diperoleh hasil keseluruhan rata-rata tingkat pengetahuan perpetaan guru IPS SMP Negeri diperoleh skor persentase 78,85% kriteria tingkat pengetahuan guru IPS SMP negeri adalah baik. Dikatakan baik karena telah mencapai 4 indikator pengetahuan dari C1 sampai C4 yaitu: mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis tentang materi perpetaan pada mata pelajaran IPS saat proses belajar mengajar sesuai dengan hasil tes saat penelitian. Kendala yang dihadapi guru IPS yaitu masih terbatasnya media peta di sekolah bersangkutan, metode mengajar yang digunakan oleh guru masih metode ceramah yang monoton belum dengan metode yang inovatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan guru IPS dikategorikan baik. Upaya untuk mengatasi kendala dengan melakukan infentarisasi media-media. Saran dalam penelitian ini adalah perlu adanya pelatihan guru IPS, pengadaan media pendukung dan inovasi metode mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perpetaan, Guru IPS.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:11
Last Modified: 09 Nov 2017 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27360

Actions (login required)

View Item View Item