PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA DAN VERBAL PADA MATA KULIAH PRAKTIK BATU
Tri Riyanti , 5101412062 (2016) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA DAN VERBAL PADA MATA KULIAH PRAKTIK BATU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mata kuliah Praktik Batu merupakan mata kuliah wajib program studi Pendidikan Teknik Bangunan yang membahas tentang teori dan praktikum yang mengharuskan mahasiswa mengetahui dan memahami materi dan kegiatan praktikum yang berlangsung secara bersamaan. Dengan durasi waktu perkuliahan yang hanya 16 kali tatap muka, dikurangi untuk waktu UTS dan waktu tak terduga, waktu perkuliahan yang benar-benar efektif kurang lebih 12 kali tatap muka, sedangkan waktu untuk per SKS adalah 50 menit. Berdasarkan identifikasi, diperlukan suatu alternatif agar mahasiswa lebih mudah dalam memahami materi perkuliahan. Media pembelajaran berbasis lectora merupakan salah satu alternatif dalam penyelenggaraan sistem pendidikan dengan beberapa keunggulannya. Dengan bantuan media pembelajaran diharapkan mampu memperjelas materi dalam menyampaikan materi sehingga mahasiswa akan lebih paham. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh ahli materi dan ahli media, selanjutnya menggunakan metode tes untuk mengetahui pemahaman materi mahasiswa setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran berbasis lectora. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest dan posttest. Data yang diperoleh pada penelitian ini terdiri dari nilai posttest. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan t-test. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Untuk nilai rata-rata pre test pada kelompok kontrol adalah 59,74 sedangkan pada kelompok eksperimen adalsah 57,25. Untuk nilai rata-rata post test pada kelompok kontrol adalah 75,37 sedangkan pada kelompok eksperimen adalah 82,65. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara kedua kelompok tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis lectora dapat meningkatkan rata-rata nilai hasil pemahaman materi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Lectora, Pemahaman Materi, Praktik Batu. |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 09 Nov 2017 18:12 |
Last Modified: | 09 Nov 2017 18:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27358 |
Actions (login required)
View Item |