PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MATERI MACAM PASANGAN BATA MATA PELAJARAN PEKERJAAN FINISHING BANGUNAN KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK N JAWA TENGAH DI SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Kartika Aprilyan , 5101412052 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MATERI MACAM PASANGAN BATA MATA PELAJARAN PEKERJAAN FINISHING BANGUNAN KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK N JAWA TENGAH DI SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Pekerjaan Finishing Bangunan (PFB) merupakan mata pelajaran produktif berbasis pengetahuan dan keterampilan yang diberikan pada peserta didik jurusan Teknik Bangunan di SMK. Mata pelajaran pengetahuan dan keterampilan sering kali menuntut siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran karena pengetahuan sangat penting sebagai dasar dalam proses selanjutnya yaitu praktik. Dalam pembelajaran Pekerjaan Finishing Bangunan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, latihan soal kemudian pemberian tugas, sehingga siswa kurang aktif dan merasa kurang tertarik bosan. Pembelajaran akan lebih aktif jika menggunakan model pembelajaran inovatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri Jawa Tengah Semarang tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa kelas X Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri Jawa Tengah di Semarang pada proses pembelajaran mata pelajaran Pekerjaan Finishing Bangunan setelah menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti bertindak sebagai guru kelas berdasarkan perencanaan yang telah dibuat dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dibantu dengan media pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam dua pertemuan. Pertemuan I dimulai dengan perencanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Picture and Picture. Pertemuan II dilanjutkan dengan pembelajaran dengan model pembelajaran Picture and Picture, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi. Data yang diperoleh melalui observasi, angket dan post-test. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis penghitungan komputasi program Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture berhasil mengetahui besarnya hasil pembelajaran siswa kelas X Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri Jawa Tengah di Semarang pada materi macam pasangan bata. Dari data post test yang telah dianalisis diperoleh rata-rata nilai akhir untuk 24 siswa sebesar 80.17 dengan kategori penilaian “baik”. Sedangkan untuk presentase untuk tiap-tiap kategori penilaian yaitu 33.33% hampir setengahnya siswa mendapat nilai “sangat baik”, 50.00% setengahnya dari siswa mendapat nilai “baik” dan 16.67% sebagian kecil siswa mendapat nilai “cukup”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, Pekerjaan Finishing Bangunan (PFB), hasil belajar
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:12
Last Modified: 09 Nov 2017 18:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27356

Actions (login required)

View Item View Item