PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR PERHITUNGAN GAYA REAKSI VERTIKAL DUA TUMPUAN KELAS X TEKNIK KONSTRUSI BATU BETON SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Sintya Andryati Nurfitriyani , 5101412045 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR PERHITUNGAN GAYA REAKSI VERTIKAL DUA TUMPUAN KELAS X TEKNIK KONSTRUSI BATU BETON SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Menghitung Konstruksi Sederhana (MKS) merupakan mata pelajaran produktif berbasis berhitung yang diberikan pada peserta didik jurusan Teknik Bangunan di SMK. Mata pelajaran berhitung sering kali menuntut siswa untuk lebih teliti dan aktif dalam pembelajaran. Penekanan materi pada penelitian ini adalah perhitungan gaya reaksi vertikal dua tumpuan. Dalam pembelajaran MKS diberlakukan blocksystem menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, latihan soal kemudian pemberian tugas, sehingga siswa kurang aktif dan merasa kurang tertarik bosan. Pembelajaran akan lebih aktif jika menggunakan model pembelajaran inovatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKBB SMK Bagimu Negeriku Semarang tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKBB SMK Bagimu Negeriku Semarang pada proses pembelajaran mata pelajaran MKS setelah menggunakan alat peraga dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas, peneliti bertindak sebagai guru kelas berdasarkan perencanaan yang telah dibuat dengan penerapan model pembelajaran RME dibantu dengan alat peraga. Alat peraga dimaksudkan dapat menggambarkan mekanisme kerja gaya-gaya reaksi vertikal dua tumpuan pada konstruksi statis tertentu. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap siklus. Kegiatan awal dimulai dengan identifikasi permasalahan di dalam kelas dengan observasi aktivitas siswa pra siklus dan pre-test, kemudian Siklus I dilaksanakan dengan perencanaan pembelajaran dengan model pembelajaran RME, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi untuk tindakan pada Siklus II. Data yang diperoleh melalui observasi afektif, tes uji kompetensi siklus I dan tes uji kompetensi siklus II. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dengan model pembelajaran RME dapat meningkatkan hasil pembelajaran secara proses (afektif) dan hasil belajar intelektual (kognitif) siswa kelas X TKBB SMK Bagimu Negeriku. Pembelajaran dengan model pembelajaran RME dan alat peraga mendukung tercapainya hasil belajar siswa yang optimal. Ditunjukkan dari hasil siklus I, keaktifan siswa mencapai 75,05% dengan kategori keaktifan tinggi dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 65,22%. Dan pada siklus II, keaktifan siswa meningkat menjadi 82,61% dengan kategori keaktifan tinggi dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 78,26%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education (RME), alat peraga, Menghitung Konstruksi Sederhana (MKS), keaktifan, hasil belajar
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:09
Last Modified: 09 Nov 2017 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27355

Actions (login required)

View Item View Item