PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA MODUL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK FINISHING FURNITUR KELAS XI TEKNIK FURNITUR DI SMK NEGERI 2 KENDAL


Nur Ismah , 501412049 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA MODUL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK FINISHING FURNITUR KELAS XI TEKNIK FURNITUR DI SMK NEGERI 2 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki peranan penting dalam terselenggaranya proses pembelajaran. Sekolah sebagai instuisi ilmu pengetahuan bagi generasi muda tidak lagi cukup untuk menghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembelajaran menggunakan media modul mata pelajaran teknik finishing furniture dapat memberikan bantuan atau bimbingan belajar untuk membantu kelancaran proses belajar mandiri siswa di SMK N 2 Kendal secara perorangan atau kelompok yang berkaitan dengan materi materi yang diajarkan,selain itu hasil belajar siswa dapat meningkat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan studi Quasi Experimental, dimana terdapat kelas eksperimen yang diberi perlakuan (treatment) dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Dalam penelitian ini kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media berbasis modul, sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan atau hanya menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan metode tes yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilias. Uji asumsi yang digunakan normalitas dan uji homogenitas, dan alat analisis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian adalah ada perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang pembelajarannya menggunakan modul dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan modul pada Mata Pelajaran Teknik Finishing kelas XI TF di SMK Negeri 2 Kendal. Terjadi peningkatan hasil belajar (ranah kognitif) dengan pembelajaran berbasis media modul, dibuktikan dari nilai rata-rata pre test sebelum siswa diberi perlakuan dibandingkan nilai rata – rata post test setelah siswa diberi perlakuan (treatmen)dengan uji gain sebesar 0,51 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Terdapat perbedaan yang signitifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan angka t hitung > t tabel (6,87 > 1,67).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media berbasis modul, mata pelajaran Teknik Finishing Furniture.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:09
Last Modified: 09 Nov 2017 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27354

Actions (login required)

View Item View Item