PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN PERENCANAAN SAMBUNGAN KAYU DENGAN ALAT SAMBUNG BAUT DAN PAKU MATA KULIAH STRUKTUR KAYU JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Al Muzazin , 5101412034 (2016) PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN PERENCANAAN SAMBUNGAN KAYU DENGAN ALAT SAMBUNG BAUT DAN PAKU MATA KULIAH STRUKTUR KAYU JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada mata kuliah Struktur Kayu saat ini mengalami keterbatasan media pembelajaran berupa modul dan belum memiliki media yang bersifat mandiri dalam hal pembelajaran bagi mahasiswa. Penggunaan modul dalam pembelajaran Struktur Kayu akan lebih maksimal jika di dalamnya memuat teori dan cara penyelesaian soal analisis alat sambung baut dan paku secara sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah pembuatan modul pembelajaran Struktur Kayu kajian perencanaan sambungan kayu dengan alat sambungan baut dan paku dan untuk mengetahui besar prosentase kelayakan modul pembelajaran Struktur Kayu sebagai pendukung proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen angket sebagai alat untuk pengambilan data dan penyajian data berupa deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul menurut ahli materi menyatakan sangat baik dengan prosentase 92,08%, ahli media menyatakan sangat baik dengan prosentase 82,47% dan persespsi mahasiswa menyatakan sangat baik dengan prosentase 85,08%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul Perencanaan Sambungan Kayu dengan Alat Sambung Baut dan Paku dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mandiri mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dalam mengikuti mata kuliah Struktur Kayu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Alat Sambung Kayu Baut dan Paku, dan Struktur Kayu,
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:50
Last Modified: 09 Nov 2017 15:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27353

Actions (login required)

View Item View Item