PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN UKUR TANAH UNTUK SISWA KELAS X SMK


Iis Aisyah, 5101412039 (2016) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN UKUR TANAH UNTUK SISWA KELAS X SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran merupakan suatu produk dari hasil analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran dibuat untuk mata pelajaran Ukur Tanah materi pengoperasian alat sipat datar diawali dengan menganalisis kebutuhan siswa, karakteristik materi, merumuskan tujuan, merumuskan materi, merumuskan alat pengukur keberhasilan, GBPM, menulis naskah media, dan merumuskan instrumen untuk ahli. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi dan kebutuhan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi lima tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran, dan pengujian validitas media oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran yang didalamnya dapat membantu dalam pembelajaran terutama pada saat praktikum sebagai panduan siswa dalam pelaksanaan praktik secara mandiri sebesar 76%, hal ini menunjukan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran yang didalamnya dapat membantu dalam pembelajaran terutama pada saat praktikum sebagai panduan siswa dalam pelaksanaan praktik secara mandiri. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan karakteristik materi mata pelajaran Ukur Tanah pada materi pengoperasian alat sipat datar yang bersifat teori dan praktikum, media pembelajaran yang dipilih berupa modul. Hasil penilaian validasi dari ahli materi sebesar 75,5% (Layak) digunakan sebagai media pembelajaran. Dan hasil penilaian validasi dari ahli media sebesar 96% (sangat layak) untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Media, Media Pembelajaran, Ukur Tanah materi pengoperasian alat sipat datar.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:58
Last Modified: 09 Nov 2017 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27351

Actions (login required)

View Item View Item