PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK BATU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Ambar Wahyuningsih , 5101412041 (2016) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK BATU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembuatan media pembelajan merupakan suatu produk dari hasil analisis kebutuhan mahasiswa terhadap media pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran dibuat untuk mata Kuliah Praktik Batu materi pasangan batu bata diawali dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa, karakteristik materi, merumuskan tujuan, merumuskan materi, merumuskan alat pengukur keberhasilan, GBPM, menulis naskah media, dan merumuskan instrumen untuk ahli. Media pembelajaran merupakan alat pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi dan kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi lima tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data kebutuhan mahasiswa terhadap media pembelajaran, dan pengujian validitas media oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil analisis dari angket kebutuhan mahasiswa yang dilakukan mendapatkan persentase sebesar 77% dalam kategori membutuhkan media pembelajaran supaya dalam proses belajar mengajar lebih menarik, bervariasi dan mempermudah mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan. Karakteristik materi mata kuliah Praktik Batu pada materi pasangan batu bata bersifat teori dan praktikum dan berdasarkan dari angket hasil angket kebutuhan mahasiswa media yang dipilih berupa job sheet yang dilengkapi dengan materi pendukung. Penilaian yang didapatkan dari ahli media yang meliputi aspek relevansi dan aspek keterbacaan dan kekomunikatifan mencapai nilai rata-rata 35 dengan persentase sebesar 88% (sangat layak) digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi yang mencakup aspek kebenaran konsep dan aspek keterlaksanaan mencapai nilai rata-rata 51,5 dengan persentase sebesar 86% (sangat layak) digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Media, Media Pembelajaran, Praktik Batu materi pasangan batu bata.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 16:00
Last Modified: 09 Nov 2017 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27349

Actions (login required)

View Item View Item