PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA INDONESIA TERHADAP PENURUNAN TRIGLISERIDA PADA WANITA LANSIA (Eksperimen pada Paguyuban Lansia Nusa Indah kabupaten Banyumas usia 60-69 tahun)


Vrisa Aryudha Pradhana , 6301411063 (2016) PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA INDONESIA TERHADAP PENURUNAN TRIGLISERIDA PADA WANITA LANSIA (Eksperimen pada Paguyuban Lansia Nusa Indah kabupaten Banyumas usia 60-69 tahun). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian adalah: Apakah dengan latihan Senam Bugar Lansia Indonesia yang dilakukan oleh anggota Paguyuban Lansia Nusa Indah Kabupaten Banyumas dapat menurunkan trigliserida. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi untuk penelitian ini adalah anggota Paguyuban lansia Nusa Indah kabupaten Banyumas. Jumlah sampel sebanyak 12 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan alat multicare, sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infersial uji beda. Hasil analisis data pre tes dan post tes kelompok eksperimen yang diberikan latihan Senam Bugar Lansia Indonesia diperoleh nilai thitung = 5,99 > ttabel = 2,571. Analisis data pre tes dan post tes kelompok kontrol yang tidak diberikan latihan Senam Bugar Lansia Indonesia diperoleh nilai thitung = 3,15 > ttabel = 2,571. Hasil analisis data post tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung = 83,95 > ttabel = 2,571. Berarti ada perbedaan yang signifikan antara latihan Senam Bugar Lansia Indonesia terhadap hasil penurunan Trigliserida pada anggota Paguyuban Lansia Nusa Indah Kabupaten Banyumas tahun 2015. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Ada pengaruh Senam Bugar Lansia Indonesia terhadap penurunan trigliserida pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol wanita lansia usia 60-69 tahun di Paguyuban Lansia Nusa Indah kabupaten Banyumas tahun 2015. 2. Ada perbedaan pengaruh Senam Bugar Lansia Indonesia terhadap penurunan Trigliserida pada kelompok eksperimen wanita lansia usia 60-69 tahun di Paguyuban Lansia Nusa Indah Kabupaten Banyumas tahun 2015.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Senam Bugar Lansia Indonesia, Trigliserida
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:28
Last Modified: 09 Nov 2017 15:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27348

Actions (login required)

View Item View Item