EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE STAKE SMK N 2 PURWOKERTO


Siti Nur Hayyinah, 5101412031 (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE STAKE SMK N 2 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan praktik kerja industri yang mencakup: (1) evaluasi input: (a) kinerja guru mata pelajaran produktif, (b) sarana dan prasarana; (2) evaluasi proses: (a) kinerja guru pembimbing di sekolah dalam membimbing siswa di Prakerin, (b) kinerja guru pembimbing lapangan dalam membimbing siswa di Prakerin; (3) evaluasi produk: (a) kesiapan kerja peserta didik, (4) kendala dalam pelaksanaan Prakerin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi program dengan menggunakan pendekatan metode Stake. Penelitian dilakukan di SMK N 2 Purwokerto kompetensi keahlian teknik gambar bangunan. Subyek penelitian sebanyak 68 peserta didik, 12 orang pembimbing di sekolah, dan 16 orang pembimbing lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, angket dengan pertanyaan tertutup, dan wawancara terstruktur. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Pearso. Reliabilitas instrumen dianalisis dengan uji keterandalan koefisien Alpha Cronbach. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan praktik kerja industri di SMK N 2 Purwokerto kompetensi keahlian teknik gambar bangunan secara keseluruhan meliputi: (1) evaluasi input: (a) kinerja guru mata pelajaran produktif dalam kategori yang sangat tinggi atau sangat baik (84%), (b) sarana dan prasarana dalam kategori baik sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 Tanggal 31 juli 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SMK/MAK; (2) evaluasi proses: (a) kinerja guru pembimbing dalam membimbing siswa di Prakerin dalam kategori tinggi atau baik (70%), (b) kinerja pembimbing lapangan dalam membimbing siswa di Prakerin dalam kategori tinggi atau baik (71%); (3) evaluasi produk: (a) kesiapan kerja peserta didik dalam kategori sangat tinggi atau sangat baik (85%), (b) kendala dalam pelaksanaan Prakerin dalam kategori cukup (65%); (4) kendala: (a) kendala peserta didik, materi pembekalan belum sepenuhnya sesuai dengan kegiatan di lapangan, kurang optimalnya pembimbingan, (b) kendala pembimbing, kurangnya materi/keahlian yang dimiliki siswa, pembimbing harus membimbing siswa secara intensif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Model Stake, Praktik Kerja Industri, Teknik Gambar Bangunan.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:32
Last Modified: 09 Nov 2017 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27343

Actions (login required)

View Item View Item