PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERPROYEKSI BERBASIS VISUALISASI TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2015/2016


Khaeruddin, 5101412028 (2016) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERPROYEKSI BERBASIS VISUALISASI TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMK Negeri 2 Salatiga menggunakan metode konvensional (ceramah) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan materi pokok memahami dan menggambar konstruksi atap, seiring dengan berjalannya waktu metode tersebut kurang menarik perhatian siswa dan menjadikan hasil belajar siswa kurang begitu baik sehingga diperlukan suatu media pembelajaran baru yang menarik agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Ialah Media Pembelajaran Terproyeksi Berbasis Visualisasi Tiga Dimensi yang di buat dengan menggunakan beberapa sostware yaitu AutoCad, Google SketchUp, dan Macrhomedia flash. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian ekperimen dimana subjek pada penelitan ialah siswa kelas XI TGB A (Kelas Kontrol) dan XI TGB B (Kelas Eksperimen). Metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu melalui pre test dan post test untuk mendapatkan hasil belajar sebelum dan sesudah di adakannya perlakuan, kemudian data di analisis menggunakan uji perbedaan dua rata rata (uji t) dan uji peningkatan hasil belajar (uji n-gain). Berdasarkan hasil analisis data, untuk uji pebedaan dua rata-rata (uji-t) pada nilai pre test kedua kelas tidak berbedaan nyata kemudian pada nilai post test kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih baik daripada kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 0,20 (20%) kriteria rendah, dan pada kelas ekperimen sebesar 0,67 (67%) kriteria sedang. Dapat diambil kesimpulan bahwa penggunan media pembelajaran terproyeksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Salatiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Terproyeksi, Hasil Belajar, Gambar Konstruksi Bangunan.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:26
Last Modified: 09 Nov 2017 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27342

Actions (login required)

View Item View Item