PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG SUB MATERI PONDASI KELAS X JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK N 7 SEMARANG


Puji Santoso , 5101412017 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG SUB MATERI PONDASI KELAS X JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK N 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu Bangunan Gedung merupakan mata pelajaran wajib jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK N 7 Semarang. Proses pembelajaran pada mata pelajaran tersebut masih menggunakan metode konvensional sehingga pemahaman siswa kurang maksimal dalam menyerap materi yang disampaikan. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan pendalaman materi untuk meningkatkan pemahaman materi siswa terhadap materi ajar yang diberikan. Pendalaman materi dilakukan dengan menggunakan metode Picture and picture serta media berbasis komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Sedangkan untuk pengambilan data menggunakan instrumen angket dan tes yang kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pemahaman materi siswa diperoleh nilai rata-rata dari 36 siswa sebesar 81.33, sehingga pemahaman materi siswa dapat digolongkan dalam kategori “baik”. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pendalaman materi dengan menggunakan metode Picture and picture serta media berbasis komputer dapat meningkatkan pemahaman materi siswa terkait materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendalaman Materi, Metode Picture and picture, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:26
Last Modified: 09 Nov 2017 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27340

Actions (login required)

View Item View Item