PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK DEPTH JUMP DAN DOUBLE LEG BOUND TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI DENGAN PARAMETER TENDANGAN JARAK JAUH di SEKOLAH SEPAKBOLA DIKPORA U-15 WELERI 2015


Yogi Purwo Negoro , 6301411046 (2016) PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK DEPTH JUMP DAN DOUBLE LEG BOUND TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI DENGAN PARAMETER TENDANGAN JARAK JAUH di SEKOLAH SEPAKBOLA DIKPORA U-15 WELERI 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menendang jarak jauh pemain sekolah sepakbola Dikpora U-15 kurang maksimal. Permasalahan penelitian ini : 1) Apakah latihan pliometrik depth jump berpengaruh terhadap power otot tungkai dengan parameter tendangan jarak jauh? 2) Apakah latihan pliometrik double leg bound berpengaruh terhadap power otot tungkai dengan parameter tendangan jarak jauh? 3) Manakah bentuk latihan yang berpengaruh antara latihan depth jump dengan double leg bound terhadap power otot tungkai dengan parameter tendangan jarak jauh? Metode penelitian dengan eksperimen pola M-S. Data diambil melalui pre-test dan post-test. Populasi dari penelitian ini adalah pemain sekolah sepakbola Dikpora U-15 Weleri sebanyak 22 pemain. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemain sekolah sepakbola Dikpora U-15 Weleri sejumlah 22 pemain. Variabel bebas adalah latihan pliometrik depth jump dan double leg bound, variabel terikat adalah tendangan jarak jauh. Hasil penelitian : 1) variabel latihan pliometrik depth jump t-hitung>t-tabel atau 12.99>2,228, berarti signifikan. 2) variabel latihan pliometrik double leg bound t-hitung>t-tabel atau 7.036>2,228, berarti signifikan. 3) Latihan pliometrik depth jump terbukti berpengaruh terhadap hasil tendangan jarak jauh. Hal ini karena latihan pliometrik depth jump berpengaruh secara signifikan terhadap tendangan jarak jauh. Simpulan : Ada pengaruh latihan pliometrik depth jump terhadap kemampuan tendangan jarak jauh, ada pengaruh latihan pliometrik double leg bound terhadap tendangan jarak jauh, latihan pliometrik depth jump memberikan pengaruh lebih baik terhadap kememampuan tendangan jarak jauh. Saran Kepada pelatih untuk meningkatkan power otot tungkai pemain memilih latihan pliometrik depth jump untuk menghasilkan tendangan jauh yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pliometrik, Tendangan Jauh
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:15
Last Modified: 09 Nov 2017 15:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item