PENGARUH LATIHAN WALLPASS JARAK 3 METER DAN LATIHAN WALLPASS JARAK 2 METER TERHADAP HASIL PASING ATAS BOLAVOLI (Eksperimen pada atlet putri pemula klub bolavoli Ivokas Kabupaten Semarang tahun 2015)


ATIN SUTRIANA RIWAYATI , 6301411044 (2016) PENGARUH LATIHAN WALLPASS JARAK 3 METER DAN LATIHAN WALLPASS JARAK 2 METER TERHADAP HASIL PASING ATAS BOLAVOLI (Eksperimen pada atlet putri pemula klub bolavoli Ivokas Kabupaten Semarang tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian adalah: manakah yang lebih efektif antara latihan wallpass jarak 3 meter dan latihan wallpass jarak 2 meter terhadap hasil pasing atas pada atlet putri pemula Klub Bolavoli Ivokas Kabupaten Semarang Tahun 2015. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah atlet bolavoli putri klub Ivokas Kabupaten Semarang Tahun 2015 dengan sampel sebanyak 12 orang variabel peneltian terdiri dari variabel bebas yaitu latihan wallpass jarak 3 meter dan latihan wallpass jarak 2 meter sedangkan variabel terikatnya adalah pasing atas bolavoli. Hasil analisis data pre-tes dan post-test kelompok eksperimen yang diberikan latihan wallpass jarak 3 meter diperoleh nilai signifikan 0.001<0.05. Analisis data pre-test dan post-test kelompok kontrol yang diberikan latihan wallpass jarak 2 meter diperoleh nilai signifikan 0.00 < 0.05. Berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara latihan wallpass jarak 2 meter dan latihan wallpass jarak 2 meter terhadap hasil pasing atas pada atlet putri pemula klub bolavoli Ivokas Kabupaten Semarang Tahun 2015. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan pengaruh hasil latihan wallpass jarak 3 meter dan latihan wallpass jarak 2 meter terhadap hasil pasing atas pada atlet putri pemula klub bolavoli ivokas. 2) Latihan wallpass jarak 3 meter dan latihan wallpass jarak 2 meter sama-sama berpengaruh terhadap hasil pasing atas pada atlet bolavoli putri pemula, dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua latihan tersebut. Berdasarkan hal tersebut, saran peneliti bagi pelatih klub bolavoli Ivokas Kabupaten Semarang dapat menggunakan latihan wallpass jarak 3 meter dan 2 meter untuk meningkatkan hasil pasing atas bolavoli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: voli, latihan walpass jarak 3 meter, latihan wallpass jarak 2 meter, pasing atas
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:12
Last Modified: 09 Nov 2017 15:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27337

Actions (login required)

View Item View Item